Contoh Soal UTS Sejarah Kelas 10 SMA/MA Dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal UTS Sejarah Kelas 10 Sekolah Menengah Atas/MA Dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal UTS Sejarah Kelas 10 Sekolah Menengah Atas/MA Dan Kunci Jawabannya - Kembali lagi beserta saya di situs menyebarkan informasi paling-top21, dimana informasi-berita menarik dan bermanfaat dibagikan secara gratis buat kebaikan dengan.

Seperti sering kali, saya akan menunjukkan soal-soal yang diperlukan mampu membantu anda pada melatih kemampuan mengerjakan soal, baik buat latihan UN/UNBK, USBN, UKK, atau UTS.

Soal yang akan saya bagikan kali ini merupakan mengenai contoh soal Ujian Tengah Semester (UTS) mata pelajaran sejarah, khusus buat kelas X (Sepuluh) Sekolah Menengah Atas.

Dimana, mirip dengan sering kali, soal-soal yg aku bagikan ini tentunya telah dilengkapi beserta kunci jawaban, agar kamu gampang mengetahui serta menelaah isi dan maksud dari masing-masing soal.

Nah, berikut merupakan 45 contoh soal UTS mata pelajaran sejarah kelas 10 SMA:

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal beserta teliti.
3. Kerjakan dulu soal yg kamu anggap gampang.
4. Periksa balik pekerjaanmu sebelum diserahkan dalam pengawas.

A. Berilah pertanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang betul !

1. Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa insiden yg dibuktikan beserta kenyataan. Pengertian sejarah tersebut dikemukakkan oleh....
a. Taufik Abdullah
b. Moh. Yamin
c. R. Moh. Ali
d. Kuntowijoyo
e. Benedeto Croce
Jawaban: b

2. Suatu peristiwa sejarah yang diceritakan dan disusun didasarkan urutan kejadian tanpa dijelaskan tentang hubungan karena akibat antara insiden disebut....
a. Diakronik
b. Sinkronik
c. Interpretasi
d. Periodisasi
e. Kronik
Jawaban: e

3. Pendekatan struktur dan fungsional melihat potret rakyat pada keadaan waktu tertentu atau terbatas merupakan ilustrasi pendekatan yg bersifat....
a. Kronik
b. Sinkronik
c. Interpretasi
d. Periodisasi
e. Diakronik
Jawaban: b

4. Salah satu cara untuk menafsirkan fakta sejarah serta merangkai kebenaran-kebenaran sejarah tadi menjadi satu kesatuan yg harmonis serta lumrah terhadap suatu peristiwa diklaim....
a. Diakronik
b. Kausalitas
c. Sinkronik
d. Interpretasi
e. Periodisasi
Jawaban: d

5. Pembuatan periodisasi sejarah salah satu tujuannya adalah....
a. Memudahkan pencarian sumber sejarah
b. Memudahkan mempelajari sejarah
c. Adanya bukti sejarah
d. Kronologi sejarah
e. Kemampuan sejarah
Jawaban: b

6. Manusia pada sejarah diposisikan sebagai....
a. Objek sejarah
b. Subjek sejarah
c. Makhluk sejarah
d. Objek serta subjek sejarah
e. Pencipta sejarah
Jawaban: d

7. Hubungan karena akibat dalam sejarah diklaim....
a. Periodisasi
b. Kausalitas
c. Kronologi
d. Interpretasi
e. Diakronik
Jawaban: b

8. Dalam sejarah yg bisa terjadi berulang kali adalah....
a. Peristiwa
b. Pola
c. Waktu
d. Tempat
e. Pelaku
Jawaban: b

9. Berikut ini yang bukan merupakan ruang lingkup sejarah, yaitu....
a. Peristiwa
b. Seni
c. Kisah
d. Ilmu
e. Cerita
Jawaban: e

10. Dimensi waktu pada sejarah disebut....
a. Spasial
b. Temporal
c. Struktur
d. Babakan
e. Masa
Jawaban: b

11. Kata sejarah diambil dari celoteh syajarotun, berasal dari bahasa....
a. Sanskerta
b. Inggris
c. Belanda
d. Arab
e. Kawi
Jawaban: d

12. Makna harfiah sejarah sebagai sesuatu yg sudah terjadi, masih ada dalam ungkap....
a. Syajarotun
b. Silsilah
c. History
d. Kronik
e. Geschicht
Jawaban: e

13. Sejarah adalah catatan mengenai masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang pembaruan-perubahan yg terjadi dalam watak masyarakat, dikemukakan oleh...
a. Nugroho Nutosusanto
b. Patick Gardiner
c. Ibnu Khaldun
d. J.V. Bruce
e. Soekarno
Jawaban: c

14. Sejarah mempunyai interaksi yg erat dengan kehidupan manusia lantaran....
a. Kehidupan manusia dibuat oleh sejarah
b. Manusia yg menciptakan sejarah
c. Manusia memengaruhi gerak sejarah
d. Sejarah memberitahukan kisah hidup manusia
e. Sejarah adalah kenangan masa lalu manusia
Jawaban: b

15. Dengan menyelidiki sejarah, kita akan mempunyai wawasan sejarah. Pernyataan ini menurut pendapat....
a. Nugroho Notosusanto
b. C.P. Hill
c. Sartono Kartodirdjo
d. E.H. Carr
e. Roeslan Abdulgani
Jawaban: a

16. Peristiwa sejarah itu kekal karena
a. Dapat terjadi dua kali
b. Bisa terjadi secara berubah-ubah
c. Tak bisa berubah-ubah
d. Terjadi hanya satu kali
e. Insiden yang terjadi merupakan insiden penting
Jawaban: c

17. Sejarah sanggup dikategorikan ilmu dengan beberapa cirinya. Berikut yg menempatkan ciri sejarah dalam keilmuan sebagai pengalaman manusia merupakan...
a. Mempunyai objek
b. Bersifat empiris
c. Mempunyai teori
d. Memiliki eksistensi
e. Memiliki metode
Jawaban: b

18. Sebuah peristiwa bisa dianggap sebagai sejarah apabila....
a. Tidak ada yang mencatat insiden tersebut
b. Ada yang mengingatnya
c. Peristiwa itu tidak mengecewakan penting
d. Peristiwa tersebut benar -benar memengaruhi kehidupan rakyat luas
e. Dikisahkan oleh seorang abdi istana
Jawaban: d

19. Berikut ini yang termasuk kelemahan sejarah sebagai seni adalah....
a. Kebeneran bersifat objektif
b. Penyusunan yg sistematis
c. Pemikiran yg rasional
d. Berkurangnya ketetapan
e. Memiliki metode
Jawaban: d

20. Untuk menjelaskan segi sosial dari suatu peristiwa, dalam penulisan sejarah dibutuhkan pendekatan....
a. Sosiologi
b. Antropologi
c. Politik
d. Ekonomi
e. Geografi
Jawaban: a

21. Masyarakat Barat melihat waktu sebagai....
a. Perubahan
b. Perkembangan
c. Kontinuitas
d. Garis lurus
e. Siklus
Jawaban: d

22. Secara etimologis kata diakronik diambil dari bahasa.....
a. Inggris
b. Belanda
c. Yunani
d. Jerman
e. Romawi
Jawaban: c

23. Konsep sejarah yang mementingkan struktur dianggap....
a. Diakronik
b. Sinkronik
c. Anakronik
d. Kronik
e. Kronologi
Jawaban: b

24. Berikut ini adalah jenis interpretasi, kecuali....
a. Teknis
b. Verbal
c. Psikologis
d. Logis
e. Personal
Jawaban: e

25. Dalam sejarah, terdapat dimensi ruang dan waktu. Setiap rakyat memiliki pandangan yg berbeda mengenai waktu. Masyarakat timur melihat waktu sebagai sebuah.....
a. Perubahan
b. Perkembangan
c. Kontinuitas
d. Garis lurus
e. Siklus
Jawaban: e

26. Supaya waktu pada setiap insiden sejarah bisa dipahami maka perlu dibuat....
a. Periodisasi
b. Ruang
c. Kausalitas
d. Kontinuitas
e. Linier
Jawaban: a

27. Hubunan antar manusia beserta sejarah sangat erat. Hal ini karenakan manusia adalah....
a. Objek sejarah
b. Subjek sejarah
c. Makhluk sejarah
d. Objek serta subjek sejarah
e. Pencipta sejarah
Jawaban: d

28. Berikut ini ciri-ciri sejarah sebagai ilmu yg dikemukakan oleh Kuntowijoyo, kecuali....
a. Bersifat empiris
b. Memiliki metode
c. Mempunyai teori
d. Sejarah sebagai suatu konsep
e. Mempunyai objek
Jawaban: d

29. Sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan tidak kurang tak lebih. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
a. J.B. Burry
b. York Powell
c. R. Moh. Ali
d. Moh. Yamin
e. Kuntowijoyo
Jawaban: a

30. Unsur sejarah yang berhubungan beserta aspek geografis adalah....
a. Waktu
b. Ruang
c. Manusia
d. Tempat
e. Wilayah
Jawaban: b

31. Apakah sejarah bisa terulang pulang?
Jawaban: sejarah tidak bisa terulang kembali karena sejarah merupakan peristiwa yang unik karena hanya sekali terjadi dan tak pernah terulang pulang persis sama buat kedua kalinya.

32. Peristiwa sejarah bersifat abadi karena....
Jawaban: tidak berubah-ubah

33. Menurut Kuntowijoyo objek sejarah sebagai ilmu merupakan...
Jawaban: manusia

34. Urutan insiden sejarah yg terjadi disebut....
Jawaban: kronologi

35. Secara etimologi sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu....
Jawaban: syajarotun

36. Unsur-unsur sejarah, yaitu ruang, waktu, dan....
Jawaban: manusia

37. Dimensi temporal merupakan konsep sejarah terhadap....
Jawaban: waktu

38. Kausalitas merupakan inti dari penerangan sejarah, dikemukakan oleh....
Jawaban: Sartono Kartodirdjo

39. Tanpa kronologi, penyusunan peristiwa sejarah akan mengakibatkan....
Jawaban: anakronisme

40. Metode penyusunan dan pengolahan sumber, yaitu....
Jawaban: interpretasi

41. Mengapa muncul perbedaan pandangan tentang definisi sejarah? Jelaskan!
Jawaban: timbulnya perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah dikarenakan setiap orang akan memiliki argumen yang tidak sinkron dan dari pendidikan yang tidak sama, selain itu juga asal yang diambil pun berbeda

42. Jelaskan ciri-ciri utama sejarah!
Jawaban: ciri-ciri utama sejarah, yaitu:
a. Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah adalah insiden yg abadi, karena peristiwa tadi tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa
b. Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah unik karena hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang sama persis sama buat ke 2 kalinya
c. Peristiwa yang penting
Peristiwa sejarah adalah peristiwa yg penting serta bisa dijadikan momentum kehidupan semua orang.

43. Mengapa interpretasi wajib bersifat objektif? Jelaskan!
Jawaban: interpretasi harus bersifat objektif sebab di dalam interpretasi terdapat unsur subjektivitas. Oleh karena itu, agar bersifat objektif dibutuhkan konsep atau teori dan pendektan buat menekan subjektivitas, sehingga interpretasi lebih objektif.

44. Sebutkan alasan penggunaan konsep three age system oleh sejarawan!
Jawaban:
a. Jumlah tiga gampang diingat
b. Antara periode pertama dan ketiga sangat tidak sinkron, dan
c. Periode ke 2 umumnya periode peralihan


45. Sejarah pada bahasa Belanda adalah....
Jawaban: geschiedenis

Penutup

Itu beliau 45 contoh soal UTS kelas 10 SMA buat mata pelajaran sejarah, semoga soal-soal diatas bisa menaruh faedah (manfaat) kepada anda.

Saya juga ingin mengucapkan mohon maaf yang sebesarnya, lantaran mungkin disetiap soal-soal yang saya bagikan masih ada kesalahan penulisan, ejaan, jawaban, atau kekeliruan. Namun terlepas dari itu, admin ucapkan terimakasih kepada kamu yg telah berkenan berkunjung di situs blog ini. Terimakasih.