4 Hal Keren Yang Bisa Anda Lakukan Melalui Notepad

4 Hal Keren Yang Bisa Anda Lakukan Melalui Notepad

Notepad merupakan program text editor default dalam sistem operasi Windows, yang mana fungsi dari program Notepad ini artinya untuk menggunakan editing pada text atau kode pemrograman seperti html, css, javascript serta sebagainya.

Karena Notepad ini bisa melakukan editing pada kode pemrograman, maka secara otomatis dia pula sanggup dijadikan tool atau alat buat menciptakan halaman web statis.

Namun sayang dari seluruh kemampuan Notepad tadi orang, awam hanya memanfaatkan program ini buat menyimpan catatan-catatan kecil ketimbang dipakai untuk menggunakan editing kode pemrograman.

Disisi lain tanpa kita sadari text editor yang bernama Notepad ini ternyata menyimpan kemampuan misteri yg sangat disayangkan bila tidak kita manfaatkan.

Hanya beserta bermodal Notepad ini kita bisa menciptakan serta membangun hal-hal keren yg mungkin tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Mau tahu apa saja hal keren yg bisa Notepad lakukan? Simak ulasannya dibawah ini:

1. Membuat Mesin Hitung (Kalkulator)

Untuk bisa membuat mesin hitung atau yang seringkali kita sebut sebagai kalkulator ini caranya sangatlah sederhana, kamu hanya perlu meng-copy script berikut dalam laman Notepad anda:

@echo offtitle Calculator Notepad:ulangecho Calculator!Set /p A=Masukkan Angka Pertama =set /p B=Masukkan Angka Kedua =set /p o=Pilih Operator Hitung (*, +, -, /) =set /a "jumlah" = A%o%Becho Jumlah = %jumlah%pause>null goto ulang

Setelah kamu berhasil memasukkan script diatas, maka langkah selanjutnya merupakan menyimpan file tadi beserta nama Kalkulator.bat.

Nah sampai tahap ini kamu sudah berhasil menciptakan mesin hitung sederhana melalui Notepad.

Untuk menggunakan atau menjalankan file yg telah kita buat tadi caranya merupakan bersama mengklik dua kali pada file Kalkulator.bat tadi, lalu akan tampil jendela baru.

Disini anda hanya perlu memasukkan nomor -nomor yang ingin anda operasikan, baik itu beserta penjumlahan, perkalian, pengurangan, ataupun pembagian.

2. Shutdown Otomatis

Hal keren berikutnya yg bisa anda lakukan melalui Notepad merupakan melakukan shutdown otomatis.
Cara agar komputer kamu mampu menjalankan layanan shutdown otomatis ini sangatlah mudah.

Anda hanya perlu menyalin kode berikut dalam Notepad kamu:

@echo offShutdown.exe -s -t 10clsmsg * Shutdown otomatis ya!

Kemudian simpan di direktori mana saja yg kamu inginkan dengan nama Shutdown.bat lalu pastikan pula pada bagian File As Type telah menjelma All Files.

Untuk menjalankan layanan shutdown otomatis ini juga sama dengan cara sebelumnya, yaitu anda hanya perlu melakukan double klik dalam file Shutdown.bat yang telah kamu buat sebelumnya.

Dan secara otomatis komputer kamu akan melakukan shutdown beserta sendirinya.

3. Membuat Efek Matrix

Membuat catatan atau kode yg berjalan secara acak layaknya film The Matrix nyatanya mampu kamu buat dengan gampang melalui Notepad.

Langsung saja copy-paste script kode berikut pada laman Notepad anda:

@echo offcolor 02:startecho %random% %random% %random% %random% %random% %random% %random% %random% %random% %random%goto start

Seperti biasa, save atau simpan file tersebut dalam direktori yang anda inginkan beserta nama Matrix.bat. Kemudian lakukan klik dua kali dalam file tadi untuk menjalankan program Matrix.

4. Mengunci Folder

Hal keren terakhir yang bisa kamu lakukan di Notepad adalah mengunci folder beserta kondusif. Cara ini sanggup kamu manfaatkan buat menyembunyikan file-file yg bersifat rahasia.

Cara kerja trick yg satu ini adalah dengan menyediakan folder kosong yg sanggup kamu isikan beserta file-file pribadi anda, lalu kamu akan diminta buat memasukkan password buat mengamankan folder tadi.

Setelah password berhasil dimasukkan maka folder tadi akan hilang dengan sendirinya dan tak akan terdapat orang lain yang bisa membuka ataupun mengacak-acak folder tersebut.

Nah buat dapat menggunakan layanan ini, anda hanya perlu meng-cpoy kode berikut:

@ECHO OFFKunci Folderif EXIST "Control Panel.21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D" goto UNLOCKif NOT EXIST Locker goto MDLOCKER:CONFIRMecho Apakah Anda ingin mengunci folder....?(Y/N)set/p "cho=>"if %cho%==Y goto LOCKif %cho%==y goto LOCKif %cho%==n goto ENDif %cho%==N goto ENDecho Invalid choice.goto CONFIRM:LOCKren Locker "Control Panel.21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D"attrib +h +s "Control panel.21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D"echo Folder telah terkuncigoto End:UNLOCKecho Masukkan password Andaset/p "pass=>"if NOT %pass%== TULIS PASSWORD ANDA DISINI goto FAILattrib -h -s "Control Panel.21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D"ren "Control Panel.21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D" Lockerecho Folder Unlocked successfullygoto End:FAILecho Invalid passwordgoto end:MDLOCKERmd Lockerecho Folder berhasil di buatgoto End:End

Silahkan anda ubah tulisan "TULIS PASSWORD ANDA DISINI" dengan password yg kamu inginkan. Setelah selesai, silahkan save file tersebut dengan nama Rahasia.bat.

Nah untuk cara penggunaan program ini sendiri adalah dengan melakukan double klik dalam file Rahasia.bat tadi, maka nantinya kamu akan diminta buat memasukkan password.

Silahkan kamu masukkan password apa saja sesuai impian anda.

Ketika anda berhasil memasukkan password maka, akan tersedia folder kosong bersama nama "Locker" silahkan masukan data-data penting anda disini, kemudian lakukan klik dua kali pada file Rahasia.bat lagi.

Dan lakukan konfirmasi beserta mengetik "y".

Dengan begitu, maka folder "Locker" tersebut akan menghilang bersama sendirinya.

Untuk bisa mengembalikan folder "Locker" tersebut, caranya artinya beserta melakukan double klik pada file "Rahasia.bat" dan lakukan konfirmasi terhadap password yang telah anda masukan sebelumnya.

Penutup

Demikianlah 4 trick menarik serta keren yang dapat anda lakukan hanya dengan bermodal text editor bawaan Windows yang bernama Notepad.

Bagaimana sobat, apakah 4 trick di atas menarik buat diaplikasikan serta dipergunakan?

Tidak hanya menarik serta keren, keempat trick diatas pula mampu anda gunakan buat membantu mempermudah aktivitas anda, seperti salah satu file Notepad yang bernama Kalkulator.bat yg bisa anda pakai untuk menggunakan perhitungan.

Nah mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf ya. Dan jangan lupa buat terus mengikuti update terbaru dari blog ini ya.


Terimakasih serta hingga jumpa lagi di postingan menarik selanjutnya.