Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat Jaringan Komputer, Kerugian Jaringan Komputer, Dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat Jaringan Komputer, Kerugian Jaringan Komputer, Dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Materi ini aku ambil dari salah satu mata pelajaran teknik PC dan jaringan(tkj) kelas X semester 1, yaitu pada bab Jaringan Komputer.

Materi jaringan komputer ini meliputi beberapa sub-materi diantaranya:
  • Pengertian Jaringan Komputer
  • Manfaat Jaringan Komputer
  • Kerugian Jaringan Komputer
  • Jenis-jenis jaringan PC berdasar posisi geografi (Pan, Lan, Man, Wan)
Setelah kita mengetahui apa-apa saja yg akan dibahas pada materi jaringan PC, maka selanjutnya ayo kita bahas satu persatu materi pembelajaran di atas.

Pengertian Jaringan Komputer

Baca Juga: Belum Lengkap Kalau Komputer Kamu Tidak Ada Software Ini.

Secara sederhana jaringan komputer adalah suatu interaksi antara dua atau lebih sistem PC , melalui media trasmisi buat bisa melakukan komunikasi data antara perangkat yang satu dengan perangkat lainnya.

Saya tidak paham!!

Tidak perkara, itulah alasan mengapa kamu tiba kesini, yaitu buat belajar yang tadinya tak tahu menjadi tahu, yang sudah tahu menjadi lebih tahu.

Baiklah, yuk kita bahas pengertian jaringan PC secara lebih mendetail.

Jaringan PC merupakan hubungan antara satu komputer bersama komputer yang lainnya. Hubungan disini maksudnya adalah, PC dapat saling bertukar data satu sama lain.

Misalkan anda memiliki komputer yang didalamnya masih ada data, berupa gambar-gambar. Kemudian teman kamu meminta gambar tersebut. Lalu anda mengirim gambar tadi ke komputer sahabat anda. Itulah yang dinamakan interaksi.

Contoh lain dari interaksi merupakan transfer file melalui Bluetooth.

Kedua contoh di atas merupakan ilustrasi dari interaksi antar perangkat. Namun bila kita mengetahui lagi tentang jaringan Komputer, maka interaksi disini merupakan hubungan PC melalui media transmisi(media penghubung).

Komputer satu bersama yg lain melakukan hubungan melalui media transmisi.

Contoh media transmisi jaringan merupakan: internet, kabel jaringan(kabel UTP, kabel STP, Coaxial, Fiber Optik).

Jadi kesimpulan dari jaringan komputer adalah;

Hubungan komputer satu beserta PC lainnya, melalui media transmisi(media penghubung) bisa berupa internet, maupun kabel jaringan. Untuk bisa berbagi data(file) satu sama lain.

Dimana komputer yang mengirim data diklaim server, serta yang menerima data diklaim client.

Lalu apakah salah, bila admin berkata bahwa jaringan komputer merupakan:

Pertukaran data antara dua atau lebih komputer melalui media trasmisi (penghubung) buat bisa berbagi asal daya.

Tidak kasus, pengertian seperti itu juga betul!!

Karena dalam dasarnya pengertian jaringan komputer terletak pada: hubungan dan media transmisi(media penghubung). Karena tanpa adanya media transmisi, maka mustahil komputer bisa saling berhubungan, maupun bertukar data.

Manfaat Jaringan Komputer

1. Dapat menyebarkan asal daya(sharing)

Dengan adanya jaringan komputer, maka kita mampu berbagi asal daya yang terdapat, baik asal daya yang terdapat pada server maupun pada komputer client.

  • Server merupakan perangkat yang menyediakan layanan/sumber daya
  • Client merupakan PC yang meminta layanan dari server

Apakah sanggup sebuah client menyediakan layanan, mirip dengan halnya server?

Bisa saja!! Didalam jaringan terdapat yg namanya jaringan Peer to Peer. Jaringan Peer to Peer adalah sebuah sistem jaringan dimana komputer server serta komputer client mempunyai kedudukan yg sama.

Jadi PC server bisa berubah posisi menjadi komputer client serta sebaliknya, PC client bisa bertukar letak menjadi komuter server.

2. Pengiriman data yang lebih cepat dan efisien

Baca Juga: Apa Itu Komputer??

Kita mampu mengirim asal daya dari satu komputer ke komputer lain dengan sangat cepat. Kecepatan proses transfer data tergantung pada banyak hal, salah satunya adalah kualitas jaringan.

3. Memiliki cakupan yang luas

Kita sanggup mengirim data dari satu tempat ke tempat lain tanpa adanya kendala. Ini lantaran jaringan dapat menjangkau area daerah yang luas. Contohnya internet.

Kita sanggup saling bertukar data dari satu Negara ke Negara lainnya beserta mudah.

4. Dapat berbagi devices(peralatan)

Misalkan pada sebuah tempat kerja masih ada 1 printer, maka kita tidak perlu membeli banyak printer buat masing-masing devices.

Printer tadi dapat dijalankan oleh seluruh karyawan tempat kerja. Tentunya beserta meggunakan jaringan PC.

Kerugian jaringan komputer

1. Biaya operasional relatif mahal

Jika anda ingin membangun sebuah jaringan buat tempat kerja, maka sebaiknya anda pikirkan dahulu tentang biaya yg akan dimuntahkan.

Jika jaringan yg dibangun ingin dikembangkan serta diperbesar lagi, maka akan terdapat tambahan biaya yg lebih besar lagi.

Dan bila kamu ingin membangun jaringan buat rumahan, mungkin biaya yg dimuntahkan relatif kecil, namun tetap akan ada biaya tambahan apabila ingin memperbesar jaringan.

2. Biaya perawatan jaringan

Masih berkaitan beserta biaya. Ada kalanya suuatu jaringan mengalami keadaan down(kurang baik), sehingga mengakibatkan penggunaan jaringan menjadi terganggu.

Masalah seperti ini dapat menyebabkan pengeluaran biaya kembali.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah Sistem Operasi Buatan Anak Bangsa(Indonesia).

3. Keamanaan data

Tidak bisa dipungkiri bahwa suatu jaringan bisa bocor atau rusak. Hal ini sangat masuk akal, pasalnya jaringan PC sangat rentan terhadap para perusak.

Sekuat dan sehebat apapun keamanaan jaringan, pastinya akan terdapat celah didalamnya.

4. Troubleshooting lebih sulit

Troubleshooting merupakan aktivitas yang dilakukan buat meyelesaikan pertarungan dalam jaringan. Tahapan troubleshooting antara lain: mengidentifikasi perkara, mencari penyebab utama, mencari solusi, melakukan dokumentasi.

Jenis-jenis jaringan komputer didasarkan letak geografi (Pan, Lan, Man, Wan)

A. PAN (Personal Area Network)

Jaringan PAN merupakan jaringan yg memiliki cakupan area terkecil. PAN dipakai buat menghubungkan perangkat-perangkat pribadi saja seperti mouse, keyboard, ponsel, laptop, headphone dan lain sebagainya.

Jangkauan dari PAN hanya 9-10 meter saja, lebih dari itu bukan termasuk jaringan PAN.

Jaringan PAN terbentuk oleh beberapa buah PC, atau antara PC dan perlatan bukan computer, mirip dengan handphone, printer serta lainnya.

Sebuah jaringan PAN dapat dibangun dengan menggunakan teknologi wire maupun wireless.

Wire adalah teknik menghubungan perangkat ke jaringan beserta memakai kabel, sedangkan wireless yaitu cara menghubungkan perangkat ke jaringan tanpa menggunakan kabel.

Dalam membentuk jaringan PAN dengan cara WIRE, sering kali dilakukan dengan memakai perangkat USB. Sedangkan cara mengaplikasikan PAN bersama wireless, biasanya dilakukan bersama memanfaatkan Bluetooth.

Baca Juga: Kupas Tuntas Mengenai Command Prompt(Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekuragan, & Perintah-Perintah).

B. LAN (Local Area Network)

LAN adalah jaringan komputer yg memiliki jangkauan relatif kecil, namun masih diatas PAN. Jaringan LAN biasa dijalankan dalam rumah, sekolah, kampus, laboratorium serta sebagainya.

LAN dalam umumnya menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch. Selain itu ada juga teknologi 802.11b atau yg biasa diklaim Wi-fi .

Tempat-tempat yang menyediakan jaringan LAN beserta teknologi wi-fi biasa dianggap Hostpot.

Sesuai namanya LAN mempunyai jangkauan yg kecil, sehingga membuatnya mudah dikembangkan serta mendukung transfer data yang cukup tinggi.

Ada 6 bentuk LAN yg disebut topologi yaitu:
  • Topologi BUS
  • Topologi Star
  • Topologi RING
  • Topologi MESH
  • Topologi Extended Star
  • Topologi Hierarchical

C. MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan MAN merupakan bentuk jaringan yg hampir sama beserta LAN, namun dalam jaringan MAN jumlah komputer yg dijalankan lebih banyak, juga jangkauan daerah yg lebih besar.

MAN merupakan jaringan komputer yg mencakup area seukuran kota, atau gabungan dari beberapa LAN.

MAN biasa di implementasikan pada kampus, perkantoran, pemerintahan serta sebagainya. Jangkauan MAN berkisar dalam 5-50 kilometer.

Pada penerapan jaringan MAN juga bisa menggunakan dua metode yaitu: Wire serta Wireless. Untuk menggunakan metode wire, biasanya menggunakan kabel coaxial atau fiber optik.

Saat ini penerapan metode jaringan MAN lebih difokuskan dalam metode wireless, lantaran beserta cara ini, pembangunan jaringan akan lebih murah karena tidak memerlukan instalasi kabel, selain itu pemilihan wireless pula sanggup menjakau area yg sulit dijangkau kabel.

Salah satu implementasi jaringan MAN bersama metode wireless merupakan WiMax.

D. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan yang sanggup mencakup area yang sangat luas, seperti provinsi atau Negara. Jangkauan WAN ini adalah jangkauan yg paling luas dari jaringan lainnya.

Salah satu contoh WAN merupakan internet.

WAN bisa dijalankan buat menghubungkan kantor pusat beserta tempat kerja cabang yg berada dalam area yang tidak selaras serta pada tempat yg jauh.

E. Internet

Pastinya seluruh orang telah sangat mengenal apa itu internet bukan? Internet berasal dari celoteh internetworking.


Internet bisa dikatakan sebagai deretan berbagai macam jaringan komputer di dunia yang terhubung satu sama lain dan dapat saling berbicara.