Jarang Diketahui, Inilah Sistem Operasi Buatan Anak Bangsa (Indonesia)

Jarang Diketahui, Inilah sistem Operasi Buatan Anak Bangsa (Indonesia)

Tentu anda telah mengenal apa itu sistem operasi bukan. Sistem operasi merupakan salah satu hal penting yg harus terdapat pada PC.

Sistem operasi atau yg biasa di sebut “OS” adalah software (perangkat lunak) yang di gunakan sebagai media buat menjembatani (menghubungkan) hardware (perangkat keras) beserta pengguna PC (User).

Tanpa adanya sistem operasi maka komputer tak akan berjalan bersama baik. Dan tahukah anda bahwa Salah satu sistem operasi yang tak jarang kita gunakan merupakan “windows”.

OS windows adalah sistem operasi Komputer yang paling banyak di gunakan sekarang, baik oleh perusahaan, sekolah, pemerintahan maupun pemakaian pribadi.

Namun sayang windows adalah sistem operasi berbayar alias tak gratis. Walaupun tak gratis (berbayar) akan tetapi OS ini masih menjadi primadona bagi seluruh pengguna PC.

Tapi apakah anda tahu, bahwa Indonesia pula punya sistem operasi buatan sendiri? Dan hebatnya lagi sistem operasi buatan indoensia ini mampu kita dapatkan secara gratis alias tak perlu membayar.

Bagi anda yg telah mulai bertanya-tanya, silahkan baca hingga selesai ya. Sistem Operasi open source buatan Indonesia, yang tidak kalah bersama Sistem Operasi luar negeri

Baca Juga: Belum Lengkap Kalau Komputer Kamu Tidak Ada Software Ini.

1. Garuda OS

Garuda OS merupakan sistem operasi yang berdasarkan pada linux bersama karakteristik open source atau OS yang sanggup di dapatkan secara gratis.

Bagi anda yang masih pemula pada linux tidak perlu khawatir, OS ini memiliki desain yg hampir sama seperti windows dalam umumnya.

OS ini adalah sistem operasi yg user friendly dan mudah di gunakan. Beberapa fitur yg di sajikan oleh OS ini sanggup di bilang cukup lengkap.

Mulai dari aplikasi perkantoran, internet, multimedia, edukasi, serta game. Semua fitur tersebut telah tersedia dalam sistem operasi ini.

Walaupun fitur yg ditawarkan lumayan banyak, Namun spesifikasi yang di butuhkan buat bisa menjalankan OS ini tak terlalu tinggi. Bahkan prosesor sekelas Pentium IV saja masih bisa menjalankan OS ini.

Untuk saat ini Garuda OS telah mendukung 60 bahasa dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Tidak berhenti hingga di sini, kelebihan lainnya adalah Garuda OS juga mendukung berbagai macam aplikasi berbasis windows.

2. BlankOn

Siapa sih yang tak kenal beserta OS yang satu ini? Hampir semua pencinta linux pasti tahu siapa sih BlankOn itu.

BlankOn adalah OS yang dibuat oleh YPLI (Yayasan Penggerak Linux Indonesia) bersama Tim Pengembang OS BlanOn. Tujuan di buatnya OS ini merupakan buat membuat distribusi linux baru yg tidak kalah bersama linux lainnya.

Selain itu pengembangan OS ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan warga Indonesia, pada akhirnya lumrah saja bila OS ini di nobatkan sebagai sistem operasi paling user friendly.

Beberapa keunikan dari BlankOn merupakan penggunaan bahasa indonesia dalam antarmukanya, sehingga sangat gampang buat di pahami oleh para penggunanya.

Selain itu, tampilan grafis dalam BlankOn juga terbilang unik dan khas, lantaran tampilannya mendeskripsikan kebudayaan dan keberagaman di Indonesia.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat Jaringan Komputer, Kerugian Jaringan Komputer, Dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer.

3. Kuliax OS

Bagi kamu siswa maupun mahasiswi admin rasa anda wajib menggunakan OS ini. Kuliax OS adalah sistem operasi yang di tujukan buat pendidikan, perkuliahan serta penelitian, jadi sangat cocok dipakai buat menunjang aktifitas kuliah anda.

Kuliax ini di kembangkan beserta berdasarkan dalam debian, yg pastinya akan sangat stabil serta ringan pada waktu digunakan.

OS ini sudah di lengkapi beserta software perkantoran, multimedia, internet. Tetapi jangan khawatir fitur utama dari OS ini adalah sudah tersedianya banyak program pendidikan khususnya untuk perguruan tinggi.

4. IGN (IGOS Nusantara)

Baca Juga: Apa Itu Komputer??

IGOS Nusantara atau dapat di singkat IGN merupakan OS buatan Indonesia yang jarang diketahui oleh publik. Walaupun begitu, OS ini mempunyai banyak keunggulan antara lain:

Penggunaan antarmuka beserta bahasa Indonesia, tampilan grafis yang bernuansa Indonesia, Pembaharuan di lakukan setiap tahunnya, tersedia versi 64 bit yg dapat membuat performa OS ini meningkat.

Bagi kamu yg takut kehilangan data pribadi, mulai saat ini anda tak perlu takut lagi, karena “IGOS” ini kebal terhadap aneka macam macam serangan virus dan memiliki sistem keamanan yg baik.

Untuk bagian fitur IGN sudah menyediakan berbagai macam fitur seperti libre office, gimp, blender, firefox, thunderbird, vlc, audio mixer serta masih banyak lagi.

5. TeaLinux

Dari namanya saja sudah terasa menyegarkan ya. OS yg satu ini merupakan sistem operasi yang memakai nama minuman khas Indonesia banget ya.

Teh merupakan minuman khas Indonesia yg dapat di nikmati oleh siapa saja, begitu juga TeaLinux ini dapat di gunakan oleh siapa saja.

DI kutip dari banyak sekali sumber, OS satu ini pungkasnya di khususkan buat programming. Tetapi bukan berarti orang biasa tidak bisa memakai OS ini ya.

OS ini dalam dasarnya sama saja dengan sistem operasi lainnya, tersedia banyak fitur dan pula software pendukung mirip dengan software perkantoran, internet, audio, video, game dan lain-lain.

Baca Juga: Kupas Tuntas Mengenai Command Prompt(Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, & Perintah-Perintah).

TeaLinux ini sangat cocok buat anda yang suka kedamaian serta ketenangan, pasalnya tampilan grafis dari OS ini tampilan alami yg bikin nyaman apabila di gunakan.

Nah itu beliau beberapa sistem operasi yang adalah karya anak bangsa. Bagi kamu yang sering memakai windows atau OS lain usahakan kamu beralih ke satu dari sistem operasi di atas.


Cintailah produk Indonesia.