Cara Membuat File Batch (BAT) Untuk Mempermudah Dan Mempercepat Pekerjaan

Cara Membuat File Batch (BAT) Untuk Mempermudah Dan Mempercepat Pekerjaan

Sebelum kita masuk dalam poin utama pembahasan kali ini, marilah kita mulai bersama mengenal file Batch (BAT) terlebih dahulu.

Menurut Wikipedia, file Batch merupakan sebuah berkas teks yg berisi sekumpulan perintah atau Command Line yang dapat dipakai pada Microsoft Windows. Dimana dalam umumnya, file batch ini memiliki ekstensi ".bat".

Ada juga yg mengartikan file bacth secara lebih spesifik, yaitu sekumpulan baris perintah yang dimaksudkan untuk diproses oleh Command Interpreter (CMD).

Dimana Command Interpreter itu sendiri adalah suatu program pada PC yang sanggup membaca baris teks yg dimasukkan oleh pengguna serta lalu menafsirkan baris perintah tersebut ke pada suatu bentuk proses atau tindakan.

Nah dari ke 2 pengertian mengenai file Batch diatas, mungkin telah sanggup menaruh ilustrasi kepada kamu mengenai file Batch itu sendiri.

Tapi agar pemahaman kita bisa lebih terarah, aku akan menaruh sedikit kesimpulan sederhana dari pengertian file Batch.

Jadi file Batch adalah suatu bentuk file dimana didalam file tadi masih ada sekumpulan baris perintah (bahasa pemrograman), yang mana bila kita membuka atau menjalankan file tersebut, maka PC akan memproses baris perintah tadi dan lalu melakukan tindakan (aksi) sesuai perintah yg ada dalam file Batch.

Baiklah, sehabis anda bisa menangkap makna dasar dari file Batch, maka marilah kita masuk dalam pembahasan berikutnya, yaitu mengenai fungsi dari file Batch:

Sebenarnya fungsi dari file Batch itu sangatlah sederhana yaitu menciptakan PC menjalankan perintah dari baris perintah (bahasa pemrograman) yang telah dimasukkan.

Namun disini aku akan memberikan dua kategori fungsi dari file Batch bila dipandang dari sisi positif dan negatif.

Fungsi file Batch bila dimanfaatkan secara positif diantaranya:
  • Melakukan Tune-Up
  • Program Administrator
  • Backup
  • Testing
  • Dan sebagainya

Sedangkan fungsi file Batch dari sisi negatif, diantaranya:
  • Mencuri data
  • Mengacaukan sistem kerja komputer
  • Mengganggu asal daya didalam komputer
  • Dan masih banyak lagi

Jadi kamu wajib bijak pada saat memakai file Batch ini ya, jangan sampai kamu memakai file Batch ini buat aktivitas negatif yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.
Nah sebelum kita betul-betul masuk pada pembahasan tentang cara membuat file Batch, penting bagi kita buat mengetahui terlebih dahulu perintah-perintah dasar pada pembuatan file Batch, antara lain:

Perintah-Perintah Untuk Membuat File Batch:

Copy = Membuat duplikat suatu file ke directory lainnya.

Del = Menghapus sebuah file dari suatu directory.

Echo = Menulis pesan ke layar, sedangkan buat syntax echo off, digunakan buat meniadakan tampilan echo.

Goto = Melompat dari suatu syntax ke label.

Help = Melihat command batch lainnya.

Start = Menjalankan suatu program.

Pause = Merupakan perintah untuk meminta satu ketikan tombol sembarang, dimana pesan yg ditampilkan adalah Press any key to continue… Nah, buat menghilangkan pesan ini bisa diketikkan PAUSE > NUL.

If = Digunakan buat memeriksa kondisi tertentu jika kondisi tadi tersedia.

Rem = Kependekan dari REMARK adalah suatu perintah yg menyebabkan suatu baris perintah menjadi tidak berfungsi, akan diabaikan serta tak diproses.

Cls = Sama mirip dengan perintah DOS, yaitu digunakan buat menghapus layar.

Exit = keluar dari jendela DOS jika file batch berjalan dari Windows.

Operator Dasar File Batch:

@ = berguna untuk membuat syntax menjadi tak kelihatan di layar atau buat tak memunculkan baris perintah disebelah kanan layar.
: = tanda label.
> = menuliskan sesuatu di atas isi file yg sudah terdapat.
> = menuliskan sesuatu pada garis baris yang baru.
:: = komentar, tak dieksekusi.


Cara Membuat File Batch Di Windows Dengan Mudah Dan Cepat:


1. Buka Notepad di PC kamu.

2. Salin baris perintah berikut adalah:

@echo offecho Jadwal mengajar:echo Senin 08.00-09.30echo Rabu 13.30-15.00echo Sabtu 09.30-10.30pausestart winwordstart “” https://www.flash-reset.blogspot.comping 8.8.8.8

3. Simpan beserta menekan "CTRL+S".

4. Kemudian ubah nama filenya, dan jangan lupa buat menambahkan ekstensi .bat dibelakang nama file tadi.

5. Klik "Save".

Cara Menjalankan Atau Membuka File Batch:


1. Cari file Batch yang telah anda buat.

2. Double klik (klik 2x) dalam file tadi.

3. Maka akan timbul jendela Command Prompt (CMD) yang mulai menjalankan tugas sesuai instruksi yang ada didalam baris perintah file Batch.

4. Akan tampil jadwal mengajar dari hari senin sampai sabtu, lalu dibawahnya akan timbul catatan "Press Any Key To Continue.." silahkan klik tombol mana saja pada keyboard buat melanjutkan eksekusi.

5. Ini terjadi lantaran, didalam baris perintah sebelumnya, admin telah memasukkan perintah "Pause" yg adalah proses bisa berhenti sejenak.

6. Nah apabila anda telah menekan sembarang tombol dalam keyboard, maka anda akan dibawa ke jendela Microsoft Word, sesuai dengan baris perintah yg sudah kita tambahkan, yaitu "start winword".

7. Kemudian, secara berurutan kamu akan mulai mengunjungi situs "Paling-Top21" sesuai seperti yang terdapat dibaris perintah, yaitu "start “” https://www.flash-reset.blogspot.com".

8. Dan proses terakhir yg akan dikerjakan merupakan melakukan ping pada IP 8.8.8.8 sesuai bersama perintah "ping 8.8.8.8".

Itu beliau cara mudah membuat file Batch sederhana yang sanggup anda terapkan langsung dikomputer anda.

Anda pula mampu membuatkan atau membuat baris perintah file Batch sendiri beserta memasukkan perintah-perintah lainnya seperti yg tertera dalam "Perintah-Perintah Untuk Membuat File Batch" diatas.

Penutup

Nah mungkin hingga disini dulu pembahasan kali ini tentang cara menciptakan file Batch di PC.

Semoga informasi ini sanggup menaruh manfaat kepada anda semua ya, serta jangan lupa juga buat share artikel ini ke sahabat-teman anda agar mereka pula tahu berita bermanfaat ini ya.


Terimakasih serta hingga jumpa di postingan menarik selanjutnya.