Cara Index Artikel Blog Ke Google Search Console Baru Agar Postingan Muncul Di Pencarian Google

Cara Index Artikel Blog Ke Google Search Console Baru Agar Postingan Muncul Di Pencarian Google

Paling-Top21 - Bagaimana cara agar artikel yg sudah kita buat sanggup muncul di pencarian Google? Pertanyaan ini sering kali saya dengar dari kebanyakan blogger pemula, dimana mereka mengeluhkan artikel blog mereka yang tak timbul ketika dicari di pencarian Google.

Tidak keluarnya artikel atau postingan dalam suatu situs blog disebabkan oleh beberapa alasan, antara lain:
  • Situs blog belum terdaftar di Webmaster Tool.
  • Artikel atau postingan belum terindex di Search Console.
Untuk alasan pertama mengapa artikel blog tidak muncul di pencarian Google adalah lantaran situs blog kita belum didaftarkan di Webmaster Tool.

Apa itu Webmaster Tool?
Secara sederhana Webmaster Tool adalah sebuah wadah atau layanan yg di peruntukan bagi pemilik situs blog, agar situs blog mereka terdaftar di dalam mesin pencari Google.
Jadi apabila anda belum mendaftarkan situs blog kamu di Webmaster Tool ini, bisa dipastikan artikel blog yang kamu buat tidak akan timbul di pencarian Google. Jadi penyelesaiannya merupakan bersama mendaftarkan terlebih dahulu situs blog anda di Webmaster Tool.
Untuk panduan lengkap tentang cara mendaftarkan situs blog di Webmaster Tool, anda sanggup membacanya melalui link berikut: Panduan Mendaftar Dan Verifikasi Situs Blog Pada Webmaster Tool
Nah, apabila kamu telah berhasil melakukan pendaftaran situs blog dalam Webmaster Tool namun artikel blog tetap tidak mau muncul, itu adalah anda perlu melakukan pengindeksan pada layanan Search Console.
Apa itu Search Console?
Search Console adalah layanan pengindeksan artikel dari suatu situs blog, agar nantinya artikel atau postingan yang ada didalam blog kamu bisa ditemukan di mesin pencari Google.
Apa itu pengindeksan?
Pengindeksan berasal dari tutur index yg berarti menelusuri, membaca, dan memasukkan artikel atau postingan dalam mesin pencari Google. Jadi nantinya Google sanggup mencari dan menemukan artikel-artikel yang sudah anda buat.
Untuk melakukan pengindeksan artikel dalam layanan Search Console sendiri sangatlah gampang, namun berhubung saat ini layanan Search Console sudah diperbaharui serta telah menerapkan beberapa fitur-fitur yang cukup tidak sinkron dari layanan sebelumnya, maka anda bisa mempelajarinya melalui langkah-langkah dibawah ini:
1. Tentukan artikel/postingan blog yang ingin di index.2. Copy atau salin alamat link dari artikel yg akan di index.3. Kemudian tambahkan ke Search Console dengan masuk terlebih dahulu ke Webmaster Tool
Cara Index Artikel Blog Ke Google Search Console Baru Agar Postingan Muncul Di Pencarian Google

4. Lalu klik pada "Gunakan Search Console Baru".5. Maka kamu akan diarahkan ke Search Console. Pada bagian paling atas masih ada kolom kosong, silahkan tambahkan bersama link artikel yg sudah anda copy sebelumnya.
Cara Index Artikel Blog Ke Google Search Console Baru Agar Postingan Muncul Di Pencarian Google

6. Kemudian klik pada "Minta Pengindeksan" serta tunggu beberapa saat sampai proses selesai.
Cara Index Artikel Blog Ke Google Search Console Baru Agar Postingan Muncul Di Pencarian Google

7. Selesai.

Sampai dalam tahap ini anda telah berhasil melakukan index pada artikel blog kamu, buat memastikan apakah artikel anda telah timbul di pencarian, silahkan kamu cari sendiri dengan memakai judul dari artikel blog anda.

Nah, sebagai tambahan sekaligus pelengkap materi cara index artikel pada Search Console, kamu juga mampu melihat video berikut adalah:




Penutup

Demikianlah panduan gampang cara agar postingan artikel blog mampu ditemukan di mesin pencarian Google. Dengan memakai cara ini maka artikel blog kamu akan muncul di pencarian Google pada jangka waktu yang relatif cepat yaitu berkisar antara 2-5 mnt saja.
Bagaimana, apakah anda sudah paham mengenai cara index artikel di Search Console? Saya rasa anda sudah sangat paham tentang cara ini, karena admin pula telah menyertakan video tutorialnya, jadi kamu akan semakin gampang dalam memahami artikel ini.

Nah, mungkin itu saja yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini sanggup dijadikan rujukan yg baik dalam melakukan index postingan blog. Terus kunjungi situs blog ini untuk menerima informasi terbaru ya. Terimakasih.