14 Cara Gampang Menyembunyikan Masalah Bau Mulut

Hai sobat-sobat yg paling top serta selalu bikin top.
Apa kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan sehat ya, lantaran pada kesempatan kali ini kebetulan saya akan memberikan informasi menarik seputar dunia kesehatan.

Yap. Kali ini saya akan membahas sebuah informasi tentang cara sederhana menghilangkan bau mulut yg mengganggu.

Bau mulut merupakan sebuah kasus yang seringkali menghantui setiap orang. Walaupun bau mulut bukanlah suatu permasalah besar yang membutuhkan donasi medis, tetapi bau mulut bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Orang yg mengidap perkara bau mulut sering kali akan merasa risih, kurang percaya diri, dan minder pada beberapa orang yang terdapat di sekelilingnya.

Masalah bau mulut yang tidak sedap ternyata memiliki keterkaitan erat beserta kondisi kesehatan gigi serta mulut loh. Menurut sebuah studi yg dilakukan dalam kasus bau mulut atau halitosis ternyata hampir 80% penyebab dari bau mulut ditimbulkan oleh kesehatan gigi dan mulut, juga termasuk perkara gusi serta gigi berlubang.

Jadi dari sini kita telah mampu mengambil kesimpulan bahwa jika anda tidak ingin punya perkara bau mulut, maka kamu pula perlu memperhatikan kebersihan gigi serta mulut anda juga.

Faktor Penyebab Bau Mulut


Bau mulut yang mengganggu ternyata tidak hanya berasal dari masalah gigi dan mulut saja, namun ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan bau mulut, berikut antara lain:

  1. Bau mulut hasil kebiasaan merokok.
  2. Kurangnya kebersihan gigi.
  3. Dehidrasi atau kekurangan cairan.
  4. Kekurangan karbohidrat.
  5. Alkohol.
  6. Diabetes.
  7. Infeksi Saluran Pernapasan.
  8. Gangguan pencernaan.
  9. Produksi air liur yang terganggu.
  10. Makanan tertentu.
  11. Dan sebagainya.


14 Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut


Setelah kamu mengetahui macam-macam faktor penyebab perkara bau mulut, saat ini marilah kita bahas cara menghilangkan bau mulut yg mengganggu beserta beberapa langkah beikut:

1. Sikat gigi di pagi serta malam hari.


Menyikat gigi dua kali pada sehari akan membantu menjaga kebersihan gigi serta mulut anda dari sisa-sisa kuliner. Setidaknya dalam satu hari anda harus menyikat gigi dua kali, yaitu pada pagi dan malam hari.


Tetapi alangkah baiknya lagi anda bisa menyikat gigi 3 kali sehari, yaitu pada pagi, sore serta malam hari. Ini pula baik, yang penting anda tak lupa buat menggosok gigi anda ya.

2. Ganti sikat gigi kamu minimal 2 bulan sekali.


Setelah anda sudah bisa menerapkan kebiasaan menggosok gigi secara teratur, pastikan juga anda mengubah sikat gigi yg telah usang. Sikat gigi yg dipakai secara terus menerus juga tidak baik bagi kesehatan, lantaran bateri akan melekat pada sikat gigi. Anda sanggup mengubah sikat gigi anda, minimal 2 bulan sekali ya.

3. Bersihkan bagian lidah


Lidah pula bisa mempengaruhi bau mulut anda loh. Lidah yg tak pernah dibersihkan sering kali akan mudah terserang jamur pada akhirnya dapat membuat bau mulut yg tidak sedap. Maka dari itu, anda juga perlu menjaga kebersihan bagian lidah supaya terhindar dari bakteri.

4. Berkumur bersama air putih selesainya bangun tidur


Pernahkah anda mencium bau air liur orang yg sedang tidur? Wah pasti baunya tak lezat ya. Oleh sebab itu setelah bangun tidur maka lebih baik anda berkumur atau minum air putih agar kondisi mulut menjadi lebih segar kembali.

5. Bersihkan gigi palsu kamu (bila menggunakan)


Khusus bagi anda yang memakai gigi palsu, ternyata gigi palsu juga sanggup mempengaruhi bau mulut loh. Maka dari itu ada baiknya anda rajin-rajin membersihkan gigi palsu kamu. Minimal 1 minggu sekali ya.

6. Kunyah lemon atau kulit jeruk


Anda pastinya telah tahu bagaimana rasanya jeruk lemon? Rasanya memang sedikit masam dan kecut. Tetapi dibalik itu semua, ternyata mengunyah lemon bisa menghilangkan bau mulut yg tidak sedap loh.

7. Berhentilah merokok


Seperti yg sudah pernah admin jelaskan di awal pembahasan ini, bahwa merokok adalah salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Jadi bagi kamu para pecandu rokok, lebih baik dihilangkan saja kebiasaan merokoknya ya.

8. Batasi mengkonsumsi kopi yang berlebihan


Kopi pula termasuk kedalam minuman yang memiliki bau tajam serta mampu meninggalkan bau yang berbekas apabila dikonsumsi. Untuk itu, kamu pula perlu membatasi pada mengkonsumsi kopi ya.

9. Jangan mengkonsumsi minuman ber-alkohol


Sama halnya dengan rokok, mengkonsumsi minumal ber-alkohol seperti "bir" pula sanggup menyebabkan bau mulut. Setelah anda selesai meminum minuman ber-alkohol ini sering kali bau khas alkohol akan tetap terdapat hingga beberapa hari. Untuk itu, apabila anda benar -betul ingin menghilangkan bau mulut, maka berhentilah mengkonsumsi alkohol.

10. Minum air putih 2 liter setiap hari


Tubuh yg kekurangan cairan atau kehilangan cairan tubuh akan sanggup menaikkan bau mulut, ini karena produksi air liur kamu menipis dan ditambah beserta kondisi mulut yan mengering dikala kehilangan cairan tubuh . Jadi solusinya adalah bersama minum air putih minimal 2 liter sehari.

11. Hindari kuliner berbau tajam


Makanan berbau tajam seperti bawang, jengkol dan durian akan membuat bau mulut kamu menjadi semakin tinggi. Memang sangat nikmat menikmati kuliner-kuliner itu, tapi ada baiknya kamu pula memperhatikan imbas yang akan ditimbulkan sehabis mengkonsumsi kuliner tersebut ya.

12. Konsumsi buah serta sayuran


Buah dan sayur adalah asal dari segala jenis gizi serta vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, juga termasuk bisa menghilangkan bau mulut.

13. Gunakan produk penghilang bau mulut (jika diharapkan)


Saat ini sudah tersedia beberapa jenis produk kesehatan yg menawarkan manfaat seperti bisa menghilangkan bau mulut. Apabila memang diperlukan, maka silahkan kamu memakai produk ini sebagai obat buat menghilangkan bau mulut.

14. Cek kesehatan gigi serta mulut anda


Periksakan kesehatan mulut anda dalam dokter yg sudah ahli, agar nantinya anda dapat selalu mengontrol bagaimana perkembangan kesehatan mulut anda. Dengan rutin melakukan cek up ke dokter maka sama saja anda telah memperhatikan kesehatan kamu dan sekaligus menghilangakan bau mulut.

Itu beliau 14 cara mudah yg mampu anda lakukan buat menghilangkan bau mulut. Semoga berita singkat ini dapat bermanfaat buat kamu dan keluarga ya. Jangan lupa buat share serta komen artikel ini agar kami bisa terus menaikkan mutu berita yang kami sajikan. Terimakasih.