Tes Kecepatan Blog Anda Dengan Page Speed Insights & GT Metrix

Tes Kecepatan Blog Anda Dengan Page Speed Insights & GT Metrix

Kecepatan website atau blog adalah suatu pertarungan kecil yg sanggup menaruh efek besar bagi kelangsungan suatu blog. Walaupun kelihatannya sepele, namun apabila terus diabaikan malah akan menciptakan kerugian besar bagi blog kamu.

Kecepatan blog sangat berpengaruh pada jumlah pengunjung yang datang.

Apa hubungannya kecepatan blog bersama visitor?

Tentu keduanya saling berhubungan. Coba bayangkan, Semisal anda ingin mencari informasi mengenai “cara cek kecepatan blog” di google search, lalu anda membuka salah satu alamat blog yg relevan dengan keyword kamu.

Namun ternyata pada saat anda membukanya, situs tersebut merespon secara lambat. Atau mampu dibilang loading blognya lambat.

Baca Juga: Strategi Mendapat Backlink Berkualitas, Aman, & Tahan Lama.

Apa yg akan kamu lakukan? Apa anda akan terus menunggu hingga loadingnya selesai?

Tentunya Tidak!! Anda akan meninggalkan situs tadi serta mencari situs lain yang memiliki respon cepat ketika dibuka.

Itu berarti situs pertama yg anda buka di search engine telah kehilangan 1 visitor.

Coba bayangkan jika dalam sehari masih ada 50 visitor yang menggunakan keyword “Cara memahami kecepatan website/blog”. Lalu apa jadinya apabila pada sebulan visitor terus berdatangan dengan menggunakan keyword yg sama?

Itu berarti kamu telah kehilangan 50x30=1500 visitor pada satu bulan.

Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan hal kecil, karena semua hal besar berasal dari hal kecil.

Baiklah admin rasa kamu sudah mulai menyadari betapa pentingnya kecepatan suatu blog/website. Dan buat itulah kamu berada disini, membaca dan mengetahui isi dari tulisan ini.

Dan tahukah anda, bahwa kamu datang kesini bukan tanpa sebab. Apabila anda tiba kesini beserta alasan untuk mengetahui “cara cek kecepatan loading blog atau website” itu berarti anda tiba ke lokasi yg tepat.

Oke sesuai judul diatas, admin akan menjelaskan bagaimana mengukur kecepatan blog/website dengan memakai Tools.

Saya hanya akan menyebutkan cara menggunakan dua tools saja, lantaran kedua tools ini merupakan yang terbaik serta ter akurat saat ini. Saya akan memakai dua Tools buat check kecepatan website, yaitu pagespeed insights & GTmetrix.

cara cek kecepatan loading blog atau website bersama pagespeed insights:
  • Silahkan buka situs pagespeed insights berikut: PageSpeed Insights
  • Masukkan url blog kamu pada kolom yg telah disediakan
  • Klik ANALYZE.
Tunggu beberapa saat, sampai tampil score/nilai kecepatan blog anda. Ada dua nilai/score yang ditampilkan yaitu score buat kecepatan dalam tampilan desktop dan tampilan mobile.

Jika score/nilai kamu kurang dari 75/100 maka ialah kecepatan blog anda tergolong lambat. Dan bila score diatas 75/100, maka itu ialah kecepatan blog anda sudah bagus.

cara cek kecepatan loading blog atau website beserta GTmetrix:
  • Kunjungi situs GTmetrix berikut: GTmetrix
  • Masukkan url blog anda dalam kolom yg tersedia
  • Lalu klik pada ANALYZE.
Jika score/nilai yang ditampilkan kurang dari 70% itu menandakan bahwa kecepatan blog anda tergolong lambat.

Setelah anda mengetahui bagaimana cara mengukur kecepatan blog/website maka admin merasa kamu sudah puas beserta informasi ini bukan?

Tunggu dulu..!!

Apa anda sudah melihat akibat nilai/score yg ditampilkan? Bagimana, apa anda sudah puas beserta hasilnya? Apakah blog kamu telah tergolong cepat, atau malah kebalikannya?

Jika anda telah merasa puas bersama score/nilai yg didapat, maka anda boleh meninggalkan artikel ini. Tapi bila kamu merasa masih membutuhkan berita disini silahkan dibaca lagi ya.

Mungkin kamu bertanya-tanya dalam diri kamu. Mengapa score/nilai saya musnah begini? Apa alasannya? Kenapa scorenya kecil...?

Ya, tentu saja seluruh terdapat alasanya. Termasuk alasan mengapa score yang ditampilkan kecil. Berikut adalah beberapa penyebab blog/website kamu menjadi lambat:

1. Template

Salah satu penyebab lambatnya loading suatu blog merupakan lantaran template yg digunakan. Pemilihan template yang sembarangan mampu menciptakan blog kamu menjadi lambat, mirip dengan keong.

Jangan tergiur beserta template yang punya tampilan kece badai. Sebab tampilan sekeren apapun tak akan bermanfaat jika speednya lambat.

Jadi jika kamu ingin loading blog anda secepat kilat, pilihlah template yg memiliki score baik di pagespeed insights atau GTmetrix.

Kalau aku boleh memberi saran, pilihlah template premium yg telah terjamin kecepatannya.

Kenapa premium?

Intinya, template premium punya banyak kelebihan dibanding template-template gratisan. Tapi bukan berarti template gratisan itu tak bagus ya. Saya juga salah satu pengguna template gratisan loh.

Lihat saja blog ini, blog ini menggunakan template gratisan juga loh.

Saya mau beli template premium, akan tetapi dimana lokasi beli template premium yang punya score baik di pagespeed insights dan GTmetrix?

Saya menyarankan kamu buat membeli template premium di kodejarwo.com. Template-template di sana telah terjamin kecepatannya. Semua template di kodejarwo mempunyai score yang sangat baik di pagespeed insights serta GTmetrix.

Screenshot%2B%2528436%2529.png

Anda akan mendapat score 100/100 dalam pagespeed insights serta 100% dalam GTmetrix bila anda menggunakan template di kodejarwo.com

Screenshot%2B%2528437%2529.png

Saya tak punya uang buat beli template premium?

Tenang saja. Di kodejarwo.com pula tersedia template gratis yg mempunyai speed yg hampir setara beserta template premium.

2. Iklan

Iklan/ads pula menjadi salah satu faktor lambatnya loading suatu blog/website. Jadi pastikan kamu tidak menempatkan iklan secara berlebihan pada blog kamu.

3. Widget

Ini juga merupakan penyebab dari lambatnya suatu blog. Pastikan kamu memakai widget yang memang diperlukan ya. Jangan sampai anda memakai widget secara berlebihan, karena bisa mempengaruhi kecepatan blog kamu.

Baca Juga: Penyebab Akun Adsense Dibanned.

4. Gambar

Pastinya dalam menciptakan suatu konten/artikel tak telepas dari penggunaan gambar sebagai ilustrasi agar nanti tulisan menjadi lebih hidup. Tetapi kadang kala kamu tak perduli dengan ukuran dari gambar yg dijalankan.

Gambar yang mempunyai kapasitas besar dapat menciptakan blog kamu menjadi lambat. Maka dari itu terdapat baiknya sebelum anda menggunakan gambar, terlebih dahulu melakukan komresisasi agar kapasitas gambar tidak terlalu besar.


Semoga informasi tentang “Cara mengetahui kecepatan blog/website” dapat berguna buat anda, serta semoga kamu dapat lebih memperhatikan kenyaman pengunjung blog kamu, satu dari caranya beserta mempercepat blog anda.