Fakta Unik Kunang-Kunang Yang Makin Langka Saja


Kunang-kunang merupakan satu dari jenis serangga paling unik yang ada didunia. Dikatakan unik karena dia bisa mengeluarkan cahaya dari perutnya.

Keunikan ini tentunya akan sangat menarik perhatian siapa saja yang melihat kunang-kunang, keindahan, serta cahayanya yg menarik seakan menenangkan hati setiap orang ya.

Namun sayang saat ini kunang-kunang sudah termasuk kedalam serangga yang hampir punah, jumlahnya yg terus berkurang membuat hewan ini menjadi hewan yg dilindungi di beberapa negara.

Kepunahan kunang-kunang bukan tanpa karena, satu dari penyebab kepunahan kunang-kunang merupakan lantaran keindahan kunang-kunang itu sendiri.

Saking indahnya kunang-kunang sering kali dijadikan target perburuan liar oleh beberapa orang yg tak bertanggung jawab.

Terlepas dari itu semua, ternyata kunang-kunang punya kebenaran unik loh, mau tahu kebenaran unik apa saja yg ada dalam kunang-kunang? Mari simak ulasan berikut.

1. Kunang-Kunang Bisa Bercahaya


Seperti yang sudah kita ketahui beserta bahwa hewan kunang-kunang adalah satu dari binatang yang sanggup mengeluarkan sinar mirip dengan halnya lampu.

Tapi tahukah anda mengapa sih kunang-kunang mampu mengeluarkan sinar?

Kunang-kunang sanggup mengeluarkan sinar karena didalam tubuhnya mengandung zat kimia berupa luciferin.

Kemudian zat ini akan bergabung dengan zat lain mirip dengan kalsium, oksigen, serta adenosin trifosfat, pada akhirnya akan menghasilkan reaksi kimia yang dalam akhirnya menciptakan sang kunang-kunang bisa bercahaya.

2. Cahaya Kunang-Kunang Lebih Efisien


Siapa yang menduga ternyata cahaya yang dimiliki oleh kunang-kunang lebih efisien serta lebih bagus kualitasnya dibandingkan cahaya dalam lampu bohlam.

Mengapa dikatakan lebih efisien?

Ini karena hampir 100% tenaga yg ada pada reaksi kimia di pada tubuh kunang-kunang dikeluarkan menjadi bentuk sinar. Hal ini tidak sama bersama cahaya yg ada dalam lampu bohlam, yg hanya bisa memancarkan sekitar 10% sinar dari semua jumlah tenaga.

Lalu dimanakah 90% tenaga yang tersisa dalam lampu bohlam? Hampir 90% tenaga tersebut hilang beserta bersama energi panas.

3. Kerlipan Kunang-Kunang Untuk Mencari Jodoh


Si imut kecil ini ternyata adalah hewan yg rupa-rupanya pintar pada mencari pasangan.

Pola hidup si kunang-kunang ternyata tidaklah asal-asalan, karena dia akan mencari jodoh/pasangan hidup yg paling sesuai.

Lalu bagaimana cara kunang-kunang mencari pasangan?

Ia akan melakukan kedipan-kedipan manja melalui cahayanya. Kerlap-kerlip cahaya kunang-kunang akan menarik perhatian para betina, serta akhirnya sang betinalah yang akan memilih siapa pasangan yang cocok untuknya.

Kerlipan sinar dari kunang-kunang jantan satu bersama yang lain ternyata memiliki keunikan masing-masing, semakin indah kerlipan yg dihasilkan oleh para pejantan, maka semakin menarik juga ia di mata para betina.

4. Kunang-Kunang Bisa Menjadi Obat Kanker


Ada beberapa penelitian yang dilakukan buat menganalisis manfaat kunang-kunang bagi kesehatan. University of Massachusetts Medical School merupakan satu dari yg melakukan penelitian tadi.

Mereka berusaha membuatkan satu dari zat yang ada pada tubuh kunang-kunang. Zat tadi dengan nama "Luciferin".

Mereka percaya bahwa zat yg terdapat dalam kunang-kunang bisa dikembangkan sebagai obat kanker. Tentu kita tahu bahwa kanker adalah salah satu penyakit mematikan yg sangat sulit disembuhkan, sebab belum terdapat obat yang tepat.

Oleh karena itu, semoga saja penelitian yang dilakukan pada kunang-kunang ini bisa cepat selesai serta mampu menjadi obat kanker yang tepat ya.


Tapi disisi lain, hal ini pula bisa membuahkan dalam kelangsungan hidup kunang-kunang, karena jika penelitian ini berhasil, maka pastinya akan terdapat banyak kunang-kunang yg ditangkap buat obat, serta ini sanggup mengakibatkan punahnya kunang-kunang.

Itu beliau 4 kebenaran menarik dari hewan kunang-kunang. Semoga bisa bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf. Dan akhir ungkap aku ucapkan terimakasih.