7 Tutorial Melihat Spek (Spesifikasi) Komputer Dan Laptop

7 Cara Melihat Spek (Spesifikasi) Komputer Dan Laptop

Melihat spesifikasi komputer bukanlah suatu kewajiban yg harus dilakukan, tapi terdapat sebagian orang yang menjadikan aktivitas melihat spek merupakan suatu kewajiban. Seperti halnya gamers yg harus menyesuaikan kemampuan komputer /laptopnya buat bisa menjalankan game yg akan digunakan.

Atau mampu pula para desainer digital yg aku rasa perlu dan wajib mengetahui spesifikasi dari PC yang dimiliki.

Ada banyak keuntungan dari memahami spesifikasi komputer diantaranya sanggup memahami kualitas dari komponen komputer, serta bisa menentukan apakah komputer yang dipakai sanggup menjalankan game/program tertentu.

Nah bagi anda yg ingin memahami cara-cara menerima informasi detail mengenai spesifikasi komputer, anda sanggup mencoba beberapa cara yg sudah admin siapkan dibawah ini:

1. Menggunakan Aplikasi CPU-Z

CPU-Z adalah salah satu jenis aplikasi pihak ketiga yg menaruh layanan berupa informasi rinci tentang spesifikasi dalam komputer atau laptop kamu. Aplikasi ini akan menaruh anda rincian mengenai beberapa perangkat yg terpasang dalam komputer anda, seperti Processor, RAM, VGA(kartu grafis), dan beberapa informasi lain.

Alasan mengapa kamu perlu menggunakan aplikasi CPU-Z adalah karena layanan berita yg ditampilkan lebih lengkap serta akurat.

Untuk bisa memakai aplikasi CPU-Z anda sanggup mengunduhnya dari beberapa pihak penyedia aplikasi yang ada di Google. Setelah anda berhasil mengunduh aplikasi ini, langkah selanjutnya adalah menginstall aplikasi tersebut.

Apabila proses instalasi sudah selesai, kamu sanggup langsung menjalankan aplikasi CPU-Z ini melalui laman desktop atau pada direktori lokasi anda menginstall aplikasi tersebut. Cukup menunggu beberapa dikala maka informasi komputer akan ditampilkan secara lengkap.

2. Menggunakan Terminal (Linux)

Untuk cara yg ke 2 ini sedikit tidak sama, dikatakan tidak selaras karena cara ini hanya berlaku atau hanya sanggup berjalan dalam sistem operasi Linux saja. Cara ini dilakukan beserta memanfaatkan sumber daya yang sudah terdapat dalam Linux, yaitu Terminal.

Terminal merupakan aplikasi khusus dalam Linux yang mempunyai kesamaan dengan Command Prompt(CMD). Perbedaannya terletak dalam perintah serta penempatannya saja, bila Terminal berada di Linux sedangkan CMD berada di windows.

Alasan kita memanfaatkan Terminal buat melihat informasi PC adalah karena kemudahannya. Karena Terminal telah ada bersamaan dengan sistem operasinya, maka kita tak perlu repot-repot melakukan installasi lagi.

Kita hanya perlu masuk ke terminal itu sendiri serta mengetikan perintah "sudo lshw" kemudian tekan "Enter". Dalam beberapa dtk saja informasi mengenai komputer akan ditampilkan secara rinci.

3. Menggunakan Layanan DXDIAG

Cara ini merupakan cara yang paling admin sukai, selain mudah cara ini juga mampu dibilang efisien dan mudah diaplikasikan.

Sedikit informasi saja bahwa DXDIAG adalah aplikasi/layanan bawaan sistem operasi windows. DXDIAG sebenarnya adalah layanan yang dipakai untuk memunculkan informasi directX.

Namun dalam kenyataannya layanan DXDIAG ternyata tak hanya menampilkan berita directX saja, tetapi pula informasi lain seperti jenis dan tipe sistem operasi, tipe komputer, kapasitas RAM, VGA, serta sebagainya pula ikut ditampilkan.

Untuk bisa memakai layanan ini juga sangat gampang, kamu hanya perlu mengkombinasikan tombol "win" serta "r" lalu mengetikan perintah "dxdiag" tanpa tanda petik, kemudian enter.

4. Menggunakan Layanan Properties

Cara lain yg cukup mudah buat dilakukan merupakan dengan memanfaatkan layanan "properties". Anda hanya perlu melakukan seleksi pada "Computer" atau "My Computer" pada file explorer windows. Kemudian lakukan klik kanan serta pilih dalam "properties".

Cara ini memang mudah buat dilakukan akan tetapi ada kelemahannya yaitu informasi yg ditampilkan tidak lengkap, kamu hanya akan mendapati beberapa informasi dasar saja dari komputer kamu.

5. Menggunakan Advanced SystemCare

Untuk cara ini sendiri aku rasa masih menjadi hal tabu dikalangan masyarakat, karena hanya beberapa orang saja yg mau menggunakan layanan ini. Alasan banyak orang tidak mau memakai layanan ini, ya salah satunya karena proses dan caranya yang cukup memakan waktu.

Selain itu pula layanan ini cukup menguras kuota internet kamu. Sebab layanan ini akan mendownload beberapa program pendukung yang cukup besar buat menampilkan informasi super lengkap.

Disamping kekurangan layanan ini, terdapat kelebihan yg akan dihasilkan, yaitu berita yg ditampilkan akan dikupas secara lengkap serta terperici hingga bagian-bagian penting pula akan ditampilkan.

6. Menggunakan Aplikasi TuneUp Utilites

Hampir sama bersama Advanced SystemCare, cara ini merupakan bersama memanfaatkan aplikasi yang dengan nama "TuneUp". TuneUp bekerja layaknya Advanced SystemCare, yaitu beserta mengunduh beberapa program pendukung buat memunculkan informasi.

Dengan aplikasi ini kamu tidak hanya sanggup melihat spesifikasi PC/laptop saja, kamu pula bisa melakukan beberapa identifikasi serta penyelesaian masalah bila terjadi error dalam touchpad.

7. Menggunakan Software Speccy

Speccy juga termasuk pada aplikasi pihak ketiga yg mampu kamu manfaatkan buat menerima informasi lengkap tentang PC anda.

Cukup download serta install saja aplikasi yg bernama Speccy ini, lalu silahkan buka/jalankan aplikasinya, dan saat itu pula anda akan ditampilkan berita rinci tentang spesifikasi komputer anda.

Kesimpulan

Untuk bisa memahami spesifikasi komputer atau laptop sesungguhnya sangat mudah, hanya saja setiap cara punya kelebihan serta kekurangannya masing-masing.


Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga apabila ingin mendapat informasi lengkap, namun sebaliknya jika kamu hanya membutuhkan berita dasar dari komputer anda, maka anda sanggup memanfaatkan layanan DXDIAG, Properties, maupun terminal.