5 Tips Sederhana Atasi Hp Android Yang Download Aplikasi Sendiri

5 Tips Sederhana Atasi Hp Android Yang Download Aplikasi Sendiri

Pernahkah kamu perasaan kouta data internet yang cepat habis? Padahal jarang dipakai buat streaming atau download. Ya, kasus seperti ini kemungkinan terjadi lantaran android anda secara otomatis mendownload aplikasi saat data internet sedang dihidupkan.

Kondisi android yang tiba-datang mendownload aplikasi ini biasanya berasal dari Google play store. Biasanya hal ini terjadi lantaran kamu secara sengaja/tidak sengaja mengaktifkan update otomatis pada aplikasi. Sehingga ketika versi aplikasi terbaru muncul, maka secara otomatis aplikasi kamu akan diperbarui.

Tidak hanya itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan hp android kamu secara tiba- tiba mendownload aplikasi, berikut antara lain:

Faktor Penyebab

A. Google Play Store

Pastinya anda telah sangat mengenal apa itu Google Play Store bukan? Yap. Terdapat banyak fitur-fitur yang ditawarkan oleh google play store, supaya penggunanya merasa nyaman ketika menggunakannya. Ada satu fitur otomatis yg bisa anda gunakan di Google play store. Fitur apakah itu? Itu merupakan fitur "perbarui otomatis".

Memang apa kegunaan dari fitur tersebut?

Kegunaan dari fitur tersebut adalah buat memperbarui aplikasi yang ada secara otomatis. Jadi kamu tidak perlu melakukan update secara manual, jika sudah terdapat versi aplikasi yang terbaru.

Anda hanya perlu mengaktifkan fitur ini di pengaturan Google Play Store, maka secara otomatis aplikasi akan diperbarui bila terdapat versi terbaru dari aplikasi tadi.

B. Processor Android

Processor yang dijalankan dalam perangkat android juga berpengaruh loh. Dari sekian banyak jenis serta tipe processor yg terdapat, beberapa brand processor ternyata dapat mengunduh dan memperbarui aplikasi secara otomatis. Satu tipe procesor yang bisa meng-update sendiri aplikasinya adalah processor Mediatek.

Jadi apabila kamu adalah pengguna android yg menggunakan processor Mediatek, maka jangan heran, bila android kamu tak jarang update aplikasi secara otomatis. Tapi ini terperinci adalah sebuah kerugian besar. Karena kouta data internet anda akan terkuras habis-habisan.

C. Internet

Internet pula termasuk kedalam satu dari penyebab android yang mendownload aplikasi secara tiba-datang. Biasanya aplikasi yg ter-download otomatis adalah berasal dari iklan ilegal, virus, maupun dari website yg menaruh download otomatis dalam aplikasi tertentu.

Jadi bagaimana penyelesaiannya?

Saya akan menyarankan kamu untuk melakukan aplikasi khusus di Google Play store yg bernama Adblocker. Fungsi dari aplikasi ini adalah mem-blok redirect/iklan yang timbul secara datang-tiba. Jadi pada dasarnya aplikasi ini akan membuat anda ber-internet dengan nyaman tanpa adanya iklan.

Baiklah, selesainya anda telah memahami beberapa penyebab android tak jarang download sendiri. Sekarang silahkan anda perhatikan 5 cara gampang mengatasi android yg mendownload aplikasi secara datang-datang.

Cara Mengatasi

1. Non-aktifkan fitur aplikasi update otomatis

Seperti yang telah aku jelaskan sebelumnya, bahwa penyebab umum aplikasi update otomatis adalah disebabkan oleh aktifnya fitur update otomatis yg terdapat di play store. Dan pada waktu fitur ini aktif maka akan terdapat banyak aplikasi yg di update secara otomatis. Tidak hanya 1 atau 2 aplikasi saja, tapi semua aplikasi yang terdapat akan di update.

Oleh karena itu, untuk mengehentikan update otomatis ini merupakan bersama cara me-nonaktifkan fitur tersebut. Bagimana cara mematikan fitur tersebut?
  • Caranya yaitu, dengan masuk ke Google Play Store terlebih dahulu.
  • Lalu tekan icon garis 3 yg terletak diatas kiri layar.
  • Pilih "setelan/setting".
  • Lalu ubah "update aplikasi otomatis" menjadi "jangan update aplikasi secara otomatis".
Itu dia cara gampang yg mampu kamu lakukan buat me-nonaktifkan fitur update otomatis yang terdapat di Google play.

2. Pembaruan otomatis hanya melalui wifi

Cara yang kedua adalah beserta menciptakan update aplikasi, hanya berjalan saat memakai wifi. Jadi kamu tidak akan kehilangan banyak kouta buat update aplikasi. Sistem kerja fitur ini yaitu, bila perangkat android anda sudah terhubung ke jaringan wifi, maka secara otomatis aplikasi akan update sendiri.

Dengan adanya fitur ini maka aplikasi tidak akan asal-asalan dalam melakukan update lagi. Dan kouta internet anda akan jauh lebih irit. Lalu bagimanakah cara mengaktifkan fitur ini?

Caranya sangat gampang:
  • Anda hanya perlu masuk ke pengaturan.
  • Pilih "pembaruan aplikasi sistem" dan pilih pengaturan.
  • Lalu pilih "perubahan aplikasi hanya melalui wifi".

3. Update Sistem Operasi Anda

Salah satu penyebab perangkat android melakukan download secara otomatis juga mampu bersumber dari sistem operasi yang dijalankan oleh perangkat android.

Beberapa sistem operasi lama sering kali akan beserta gampang mengizinkan update otomatis aplikasi, tanpa memberitahu terlebih dahulu penggunanya. Jadi saran aku merupakan kamu wajib update/perbarui sistem operasi kamu yang telah lama. Tapi pastikan pula bahwa sistem operasi yang anda pakai telah tersedia versi terbarunya.

Dengan cara ini juga, maka semua masalah baik berupa error, lag, hang, force close dan masalah lain sering kali tak akan terjadi lagi. Karena semuanya telah diperbaiki dalam versi sistem operasi yang baru.

4. Jangan Mendownload Aplikasi Yang Bersumber Selain Google Play Store

Banyak sekali aplikasi yang terdapat di Google Play, namun tidak sedikit pula aplikasi yg tidak tersedia di Google Play. Salah satu penyebab mengapa aplikasi tidak berada di play store, ya salah satunya karena aplikasi tersebut dapat membahayakan perangkat android yg anda gunakan.

Biasanya aplikasi-aplikasi yg bertebaran di luar adalah aplikasi yg dikembangkan secara ilegal dan tidak memenuhi persyaratan. Sehingga ada kemungkinan android anda mengalami error dan sebagainya pada saat memasang aplikasi tersebut.

Ada juga beberapa perkara yg menyatakan bahwa aplikasi di luar play store dapat menciptakan hp android mendownload otomatis aplikasi lain yg tidak terperinci dari mana sumbernya.

Jadi buat mencegah timbulnya masalah begini, maka admin tekankan kepada kamu agar mendownload aplikasi hanya dalam Google Play Store saja.

5. Gunakan Adblock

Apa itu Adblock? Adblock adalah sebuah fitur khusus yang berfungsi buat memblokir iklan-iklan yg meresahkan. Memangnya seperti apakah iklan yg meresahkan itu?

Contoh iklan yang meresahkan adalah iklan-iklan yg timbul secara tiba-tiba dikala kamu sedang ber-internet ria.

Salah satu jenis iklan yg membuat kita gundah adalah iklan yang menyatakan bahwa smartphone android anda telah terinfeksi oleh virus. Dan iklan tersebut akan menyuruh kamu buat mengunduh/mendownload aplikasi pembersih virus.

Tapi tenang, bersama kamu menggunakan Adblocker maka iklan-iklan semacam itu tidak akan timbul lagi.

Lalu bagimana cara mengaktifkan fitur adblock itu? Fitur ini biasanya telah ada bersamaan bersama aplikasi browser yang anda gunakan, jadi kamu tinggal mengaktifkannya di menu setting saja.

Untuk lebih detail mengenai cara mengaktifkan adblocker pada setiap browser agak berbeda-beda, jadi silahkan kamu utak-utik settingan/pengaturan browser kamu sendiri ya.

Oh ya, Adblock pula tersedia dalam bentuk aplikasi. Anda dapat mengunduhnya di Google Play bila memang diharapkan.


Itu dia 5 cara mudah mengatasi perangkat android yg mendownload aplikasi secara otomatis. Semoga berita ini bisa berguna buat kamu ya. Dan jangan lupa untuk share dan komen artikel ini ya. Terimakasih.