Cara Mudah Atasi Hp Android Yang Bootloop | Cuma Keluar Logo Android

Cara Mudah Atasi Hp Android Yang Bootloop | Cuma Keluar Logo Android

Pengertian Bootloop

Bootloop itu apa? Jika kita mengartikan arti Bootloop secara kasar menggunakan google translate maka kita akan menerima arti yaitu "proses boot berulang".

Masih bingung?

Wajar saja, karena arti Bootloop itu admin ambil langsung dari google translate, jadi maknanya agak sedikit sulit di mengerti. Baiklah saya akan mengungkapkan pengertian Bootloop secara seksama dan dalam keterangan yg sejelas-jelasnya.

Bootloop merupakan suatu keadaan yg ditunjukkan oleh keluarnya logo android, ataupun logo merek smartphone tadi secara berulang ulang.

Jadi misalkan, suatu pada saat anda menyalakan smartphone kamu, serta ketika itu pula kamu melihat logo android/vendor hp secara terus menerus, serta pada waktu yang sangat lama.

Anda terus menunggu, tapi lalu kamu bertanya pada hati "kenapa ini, kok tak masuk ke homepage ponsel pula ya". Dan ketika itu juga anda mulai merasa risi dan akhirnya kamu mencari-cari dari banyak sekali asal di internet. Nah, kebetulan sekali anda berada disini.

Karena saat ini aku sudah memiliki solusi untuk masalah yg anda hadapi. Silahkan kamu baca artikel ini sampai selesai, dan semoga saja kamu akan menemukan solusi buat perkara hp yg Bootloop:

Ciri Hp Bootloop

  • Hp sering mengalami kondisi-kondisi seperti lemot dikala di gunakan, hang, force close, not responding serta sebagainya.
  • Sering mengalami restart sendiri
  • Sering mati secara datang-tiba
  • Ketika di hidupkan akan timbul icon android/vendor ponsel secara terus menerus
  • Terdapat peringatan yang menyatakan bahwa robot android rusak.


Penyebab Bootloop

  • Firmware ponsel sering dimodifikasi
  • Bisa pula karena efek samping hp di root
  • Mengalami kegagalan saat install ulang costum rom
  • Proses root yang gagal
  • Sistem operasi android yg sudah rusak
  • infeksi virus
  • kerusakan pada hardware


Solusi atasi hp Bootloop

Sebelum itu, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tingkatan Bootloop. Hp yg mengalami masalah Bootloop bisa kita klasifikasikan kedalam dua jenis yaitu:

a. Bootloop ringan

Masalah hp Bootloop dalam tingkatan ini bisa dibilang cukup mudah buat diatasi, karena kerusakannya tidak terlalu parah. Biasanya hp yang mengalami Bootloop ringan akan error secara sementara saja, dan akan kembali normal pulang.

b. Bootloop parah

Bootloop dalam tingkatan ini sudah digolongkan kedalam kategori kasus yang berat. Karena kita telah tak bisa masuk ke sistem android tersebut. Walaupun kita sudah mencoba berulang kali namun buat masuk, namun tetap tidak sanggup. Hal semacam ini sanggup mengkategorikan kedalam Bootloop parah.

Nah, setelah kita telah mengeahui ciri, penyebab serta tingkatakan dalam perkara Bootloop. Sekarang ayo kita basmi masalah Bootloop yg menghantui kamu.

1. Cara mengatasi perkara Bootloop ringan:

Untuk mengatasi masalah Bootloop ringan, anda dapat melakukan langkah sederhana berikut:
  1. Matikan smartphone android anda (bila pada kondisi hidup)
  2. Lepaskan beberapa komponen yang menempel dalam perangkat android. Seperti memori sd, kartu sim, serta baterai.
  3. Diamkan hp android anda selama 1 hari-an full.
  4. Kemudian, pasang balik baterai hp. Dan hidupkan ponsel android kamu.
  5. Perhatikan kondisi hp android kamu.
Jika kondisinya sudah normal serta berjalan beserta baik seperti pada umumnya, maka selamat kamu sudah berhasil mengatasi Bootloop. Namun, apabila perkara Bootloop masih terjadi maka silahkan anda lanjut ke solusi berikut adalah.

2. Cara atasi Bootloop yg telah parah:

Peringatan: Lakukan BackUp terlebih dahulu terhadap seluruh data-data penting anda. Cara ini dilakukan buat berjaga-jaga agar nanti data kamu tetap kondusif dan tidak hilang.
  • Kembali ke pengaturan pabrik/recovery mode (bila kamu masih mampu masuk ke pengaturan ponsel)
  • Menggunakan fitur Recovery Mode. Nah apabila cara pertama diatas tidak sanggup dilakukan, kamu mampu menggunaka cara ke 2, yaitu beserta masuk Recovery Mode.
Bagaimana caranya?

1. Silahkan matikan ponsel kamu(jika dalam kondisi hidup)
2. Lalu tekan tombol Home + Volume up + Power secara bersamaan. Tapi perlu kamu jangan lupa, bahwa setiap ponsel android tak bisa memakai cara yg sama buat masuk ke Recovery Mode.
  • SAMSUNG : Home+Volume Up+Power
  • HUAWEI : Power+Volume Up+Tombol Power
  • HTC : Power+Volume Down+Power
  • ADVAN : Home+Volume Up+Power
  • LG : Home+Volume Up+Power
  • ANDROMAX : Home+Volume Up+Power
  • CROSS : Power+Volume Down
Perhatian: Tekan semua tombol secara bersamaan, hingga masuk ke menu Recovery Mode

3. Jika kamu telah berhasil ke sajian Recovery Mode, maka selanjutnya kamu tinggal pilih "Wipe data/Factory reset". Bagaimana caranya?

Mudah saja. Anda tinggal menekan tombol volume up serta volume down buat menggerakkan kursor. Dan gunakan tombol power buat menentukan/mengeksekusi pilihan.

4. Kemudian pilih "Yes" "Delete All User Data" menggunakan tombol power. Tunggu hingga ada pemberitahuan, tapi terdapat pula beberapa tipe android yang langsung restart bersama sendirinya.

5. Jika perangkat android anda tak melakukan restart. Silahkan anda pilih "Reboot System Now".

6. Apabila proses restart telah selesai, silahkan kamu setting ulang akun anda, seperti pertama kali menggunakan android. Jika kamu punya Backup data, anda sanggup langsung melakukan restore data tadi.

Sampai disini anda sudah berhasil mengatasi kasus Bootloop yang mengganggu. Sebenarnya masih ada satu cara lagi buat mengatasi Bootloop, yaitu bersama cara flash android anda. Untuk lebih jelasnya mengenai cara melakukan flash dalam android, silahkan klik link berikut:

Baca Juga:Cara Flash Hp Android Tanpa Ribet

Perhatian:

Jika semua cara yg aku berikan tidak ada yang berhasil, maka kemungkinan kasus Bootloop kamu telah tergolong sangat parah. Cara-cara di atas hanya mampu dilakukan buat Bootloop yg error dalam sistem bukan pada hardware.

Jika anda sudah mencoba cara di atas, dan tak juga berhasil. Itu berarti Bootloop dalam perangkat kamu berasal dari hardware. Solusinya merupakan bersama membawa hp android mu ke lokasi service yang terpercaya serta telah profesional.


Berikan komen kamu serta bagikan artikel ini, bila anda merasa terbantu oleh adanya artikel ini. Semoga bermanfaat, terimakasih serta terus nantikan update terbaru dari paling-top21. Terimakasih.