Apa Sebabnya Setelah Makan Tidak Diperbolehkan Untuk Tidur? Ini Dia Bahaya-nya

Makan adalah suatu kebutuhan pokok yg harus dilakukan jika kamu ingin tetap hidup. Pernahkah kamu menyantap makanan enak nan sedap seperti pizza, bakso, mie ayam, daging, soto, dan sebagainya?

Ketika kamu selesai menyantap kuliner tadi, apa yg biasanya kamu rasakan selain kenyang?

Mengantuk!!

Benar. Kadang kala selesainya selesai makan sering kali kita akan merasa mengantuk serta ingin tidur. Tapi celoteh orang tua dulu, tidur sehabis makan itu tak baik. Entah alasan apa yg mendasari larangan tersebut. Tapi semua yang dikatakan oleh orang tua memang benar , serta itu merupakan yang terbaik buat kita.

Karena menurut sebuah studi yang dilakukan terhadap perkara kesehatan yg muncul jika kamu tidur sehabis selesai makan, ternyata terdapat lumayan banyak perkara kesehatan yang muncul yang akan terjadi tidur selesainya makan. Berikut penjelasannya.

1. Sakit Pada Bagian Dada


Masalah yang pertama adalah timbulnya rasa sakit dalam area dada, ya walaupun tak terasa secara langsung. Kondisi dada yang sakit dan panas ditimbulkan karena pada saat tidur sistem pencernaan akan bekerja beserta sangat keras.

Akibatnya tubuh akan mengalami kelebihan asam lambung, yang dalam akhirnya akan menaruh rasa sakit pada beberapa bagian tubuh. Rasa sakit disertai panas pada dasarnya berasal dari perut dan bisa menyebar ke bagian tubuh lain seperti dada dan tenggorokan.

2. Kelebihan Berat Badan


Tidur setelah makan akan menciptakan berat badan anda naik secara signifikan, apalagi bila makanan yang anda konsumsi mengandung banyak kalori. Ketika kamu selesai menyantap makanan dan kemudian tidur, maka lemak akan menumpuk secara perlahan pada tubuh kamu, akibatnya berat badan anda akan semakin tinggi.

Hal seperti ini tentunya merupakan suatu yg sangat merugikan kesehatan tubuh, apa lagi apabila kamu sedang melakukan proses diet. Untuk itu selesainya kamu selesai makan alangkah baiknya kamu membakar kalori serta lemak beserta cara ber-olahraga.

3. Beresiko Terkena Stroke


Siapa yg menyangka bahwa beserta tidur sesudah makan sanggup berakibat pada kesehatan tubuh anda. Menurut sebuah penelitian yg dilakukan di Yunani, ternyata menerima hasil yang mengejutkan, lantaran orang yang tidur sehabis makan ternyata beresiko lebih besar terkena penyakit stroke.

4. Asam Lambung


Asam lambung ternyata juga bisa timbul dikala kamu tidur sesudah makan. Tidak hanya asam lambung saja yg akan mengancam anda, rasa sakit seperti terbakar juga kadang timbul. Kondisi asam lambung akan semakin parah jika kamu tidur dalam letak berbaring menghadap ke kanan.

5. Menimbulkan Rasa Seperti Terbakar


Ketika asam lambung semakin naik serta terus berkecimpung, maka akan berpotensi menimbulkan perkara berupa rasa mirip dengan terbakar. Area organ tubuh yg biasanya akan merasakan seperti terbakar adalah dalam bagian perut, dada, serta tenggorokan.

6. Beresiko Menyebabkan Serangan Jantung


Memang kasus mirip dengan serangan jantung sangat jarang terjadi akibat tidur sesudah makan. Namun ada lebih kurang sekian persen serangan jantung sanggup muncul, apabila kebiasaan seperti tidur tepat sesudah makan terus dilakukan secara berturut-turut serta dalam waktu yang lama.

Ketika tidur setelah makan sudah menjadi kebiasaan, maka semakin sering pula lemak menumpuk serta meng-gumpal pada tubuh. Akibatnya pembuluh darah menjadi tersumbat, sehingga apabila tetap dibiarkan akan bisa mempertinggi resiko serangan jantung.

7. Kadar Gula Darah Meningkat


Tidak hanya dapat menimbulkan resiko stroke serta serangan jantung saja, ternyata tidur setelah makan pula beresiko mempertinggi kadar gula darah didalam tubuh. Apalagi bila kuliner yang kamu konsumsi adalah makanan yang memiliki kalori serta ber-karbohidrat tinggi, bisa-bisa kamu akan mengalami diabetes.

8. Sesak Napas


Masalah lain yang mampu ditimbulkan yang akan terjadi tidur sehabis makan adalah sesak napas. Saat kamu tidur maka saluran pernapasan akan menyempit lantaran kuliner yg anda makan belum sepenuhnya di proses, sehingga dapat menimbulkan sesak napas sesaat. Ada pula orang yg mengalami henti napas secara mendadak sesaat pada saat tidur.

9. Pencernaan Tidak Berjalan Dengan Baik


Sistem pencernaan manusia akan menjadi sedikit lambat ketika seseorang pada kondisi tidur, maka dari itu ketika anda tidur sesudah makan, tentunya makanan belum di proses bersama baik oleh tubuh. Proses pencernaan pula akan menjadi terganggu yang akan terjadi kamu tidur terlalu cepat setelah makan.

10. Tidur Tidak Nyenyak


Seperti yg sudah admin jelaskan sebelumnya bahwa tidur selesainya makan mampu mengakibatkan sesak napas. Nah dikala kondisi sesak napas datang, tentunya tidur anda kamu akan terganggu pada akhirnya kualitas dari tidur anda kurang baik. Sesak napas yg ditimbulkan juga akan menciptakan anda merasa kurang fokus pada waktu tidur, akibatnya tidur menjadi tak nyenyak.

Kesimpulan


Jadi dari beberapa kasus yg timbul dari tidur selesainya makan, maka ada baiknya kamu tidak tidur pada waktu baru selesai makan. Cobalah untuk duduk dan bersantai sekurang-kurangnya 50 mnt, agar kuliner di cerna terlebih dahulu.

Bahkan menurut National Sleep Foundation menyatakan bahwa waktu/jeda yang baik buat tidur sesudah makan adalah 2-3 jam. Jarak waktu yang lebih lama akan memberikan kesempatan bagi tubuh buat mencerna kuliner secara optimal.


Semoga berita tentang beberapa alasan mengapa tidur setelah makan itu tidak boleh bisa menaruh manfaat buat anda ya. Dan jangan lupa buat share dan berkomentar di artikel ini ya. Terimakasih.