Apa Itu Pemrograman? Penjelasan Dan Cara Kerjanya

Apa itu Pemrograman? Pengertian Dan Cara Kerjanya
Berbicara tentang pemrograman pastinya tidak lepas beserta yang namanya komputer dan teknologi digital lainnya. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini teknologi PC sedang menguasai sebagian besar kegiatan manusia.


Bagaimana tidak, kegiatan pengarsipan, pengiriman surat, jual-beli barang, sampai pembayaran listrik sanggup dilakukan dengan sangat mudah melalui teknologi komputer ini.
Yang tak kalah hebatnya lagi yaitu penggunaan media komputer secara menyeluruh pada semua instansi-instansi, baik sekolah maupun perusahaan.
Mungkin sebagian besar orang sudah terbiasa melihat komputer, atau bahkan telah seringkali melakukan interaksi bersama PC.
Yap, semua orang bisa saja berinteraksi dan menggunakan PC, namun ketahuilah tak seluruh orang mampu menaruh instruksi kepada komputer sesuai beserta harapan kita.
Tapi, dengan mempelajari serta mengaplikasikan ilmu pemrograman, maka hal ini bukanlah kasus besar. Seorang programmer bisa saja bermain dengan komputernya atau bahkan memperbudak komputernya untuk menggunakan segala sesuatu yg diinginkan.
Bagaimana, hebat bukan?
Programmer sendiri adalah orang yang menguasai atau memiliki kemampuan serta pemahaman akan ilmu pemrograman.
Nah, kemudian apa sih pemrograman itu?
Secara sederhana pengertian pemrograman adalah suatu aktivitas menganalisa, merubah, menambah, dan menjalankan kode-kode PC agar berjalan sesuai bersama cita-cita kita.
Kode-kode komputer itu dinamakan bahasa pemrograman, dimana bahasa pemrograman ini terbagi menjadi banyak jenis dan macamnya. Beberapa bahasa pemrograman yg sering dijalankan antara lain:
  • HTML
  • CSS
  • Javascript
  • PHP
  • JQUERY
  • Rubby
Melalui kode-kode pemrograman tadi, aktivitas pemrograman bisa berjalan bersama sempurna. Tanpa mengerti dan memahami dengan baik bahasa pemrograman, maka akan sangat sulit melakukan aktivitas pemrograman.
Nah, kegiatan pemrograman dalam dasarnya berjalan bersama memanfaatkan kode-kode atau bahasa pemrograman yg dimengerti oleh PC. Ketika seseorang programmer berhasil menciptakan sebuah program serta menjalankan program tadi, maka akan ada dua kemungkinan saja yaitu:
  1. Komputer menjalankan tugas sesuai instruksi yang terdapat pada program.
  2. Komputer tidak melakukan instruksi beserta benar .
Jika PC tidak mampu menjalankan instruksi dengan baik, maka kemungkinan utamanya adalah karena adanya kesalahan dalam pembuatan program.
Nah sehabis kita membahas beberapa hal tentang pemrograman, maka dapat kita simpulkan bahwa pemrograman adalah:
  • Pemrograman merupakan ilmu pengetahuan: Karena menggunakan algoritma yg digambarkan dengan matematika dan sains.
  • Pemrograman adalah skill: Karena membutuhkan keterampilan serta perancangan.
  • Pemrograman adalah rekayasa: Karena membutuhkan kumpulan antara kapasitas program, kecepatan, waktu (termasuk development dan debugging).
  • Pemrograman adalah seni: Karena melibatkan kreatifitas serta khayalan.