Cara Cek Link Rusak (Broken Link) Pada Blog Beserta Tutorial Mengatasinya


Broken Link atau link rusak adalah sebuah link yg tak mampu diakses karena terdapat beberapa kesalahan pada link tadi. Baik lantaran kesalahan penulisan link, link telah dihapus, maupun lantaran kasus lain.

Ada beberapa indikasi broken link, salah satu yg paling sering kali dijumpai adalah kesalahan 404. Kesalahan 404 mengindikasikan bahwa link tadi sudah rusak, dengan alasan bahwa link sudah dihapus.

Didalam sebuah blog ada beberapa bagian yg sanggup mengakibatkan keluarnya broken link/link rusak, antara lain:

  • Link dalam postingan
  • Kesalahan penulisan link
  • komentar


ketiga bagian di atas adalah bagian blog yang paling sering menjadi penyebab timbulnya link rusak. Yang pertama merupakan pada postingan itu sendiri. Kalang kala kamu akan menyertakan link lain kedalam postingan blog anda.

Jika link yang kamu tautkan didalam postingan ini telah dihapus oleh pemilik-nya maka link tersebut akan menjadi broken link.

Yang kedua merupakan kesalahan penulisan link. Kadang kala dalam penulisan sebuah link masih ada kesalahan penulisan, seperti kurangnya titik pada link atau bisa pula kesalahan dalam penulisan huruf.

Dan yg terakhir merupakan broken link sanggup berasal dari komentar. Kolom komentar yang didalamnya terdapat link aktif bukanlah sebuah perkara, namun apabila link aktif tersebut menuju ke sebuah halaman blog lain yang ternyata sudah dihapus maka mampu mengakibatkan pada keluarnya link rusak.

Broken link yang ada dalam sebuah blog akan berdampak buruk bagi blog itu sendiri. Karena google sendiri tidak sangat senang blog yg didalamnya terdapat banyak link rusak, maka sanggup jadi blog anda akan terkena deindex.

Nah oleh sebab itu kamu wajib selalu memperhatikan apakah didalam blog kamu masih ada broken link? Anda pula harus tahu dimana posisi broken link tadi, dan kemudian anda wajib memperbaiki broken link yang terdapat.

Disini admin akan mencoba menaruh anda sebuah cara untuk memahami apakah blog kamu masih ada broken link atau tidak, serta juga cara memperbaikinya apabila memang terdapat broken link. Baiklah buat caranya kamu mampu melihat pada panduan dibawah ini:

1. Buka situs berikut Online Broken Link Checker


2. Masukan URL blog kamu dalam kolom yang tersedia, kemudian klik "Find Broken Links"
3. Lalu masukan "Security Code" yg ditampilkan
4. Pada area di bawahnya, silahkan pilih dalam "Report all occurrences of each dead link (may be slower)


5. Selanjutnya klik pada "Find Broken Links Now!"
6. Tunggu beberapa dikala hingga proses scanning selesai.
7. Jika didalam blog anda ditemukan link rusak(broken link), maka tampilannya akan seperti ini:

Sampai tahap ini anda sudah berhasil menemukan link rusak dalam blog kamu, maka langkah selanjutnya merupakan cara memperbaiki link tadi. Caranya merupakan sebagai berikut:

  1. Copy URL yang ditampilkan pada menu "Broken Link"
  2. Klik catatan "src" yg berada dalam hidangan "Page Where Found"
  3. Akan ditampilkan tab jendela baru yang mengarah pada salah satu postingan blog yang masih ada link rusak. Letak link rusak akan ditandai dengan warna Merah.
  4. Untuk memudahkan pada pencarian dimana posisi link rusak, silahkan tekan CTRL+F serta pastekan URL yang sudah dicopy sebelumnya. Kemudian tekan "Enter"
  5. Maka kamu melihat link rusak dalam postingan tadi.
  6. Tugas anda selanjutnya adalah masuk ke blogger.com dan pilih postingan yang masih ada link rusak
  7. Cari serta temukan letak link rusak yang ada pada postingan tersebut. Kemudian hapus link yang terdapat di pada postingan tersebut.
  8. Klik "Update"
  9. Lakukan cara 1-8 secara berulang hingga seluruh link rusak hilang.

Apabila anda telah berhasil menghapus seluruh link yg rusak, maka untuk memastikannya anda bisa membuka situs Online Broken Link Checker lagi. Apabila terdapat tulisan:

"STATUS COMPLETED!
Processed ... Web pages, found 0 broken links


Itu adalah blog anda telah bersih dari link rusak(broken link).

Nah anda, hingga dalam tahap ini anda sudah berhasil melakukan pengecekan serta perbaikan masih ada broken link.

Tetapi walaupun anda sudah berhasil memperbaiki broken link, namun kamu harus tetap rajin mengecek broken link setiap saat. Karena kita tidak tahu kapan serta dimana akan munculnya broken link itu.


Semoga apa yang admin sampaikan kali ini bisa menaruh manfaat buat kamu ya. Akhir ungkap saya ucapkan terimakasih serta sampai jumpa.